Beranda Pendidikan MDT Menjadi Garda Terdepan dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter

MDT Menjadi Garda Terdepan dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter

20
0

BANJARNEGARA (pelitainvestigasi.com) – Madrasah Diniyah Takmiliyah dan Pondok Pesantren menjadi garda terdepan dalam mewujudkan generasi yang memiliki karakter kebangsaan. Hal tersebut dibuktikan selama ini komunitas MDT tidak pernah menentang negara Kesatuan Republik Indonesia. Lebih dari itu hormat kepada bendera merah putih pada saat upacara selalu dilakukan mereka.

Tidak ada satupun santri MDT yang menentang Pancasila sebagai dasar negara. Hal ini menjadi karakter kebangsaan yang dimiliki oleh santri santri MDT di Republik Indonesia. Lebih dari itu pembelajaran yang dilaksanakan dalam bidang tauhid, fikih dan akhlak menitikberatjan kepada aspek pemahaman Islam yang moderat. Demikian disampaikan Wakil Sekjen DPP FKDT saat memberikan orasi ilmiah dalam rangka Wisuda Akbar ke-5 Santri MDT se-Kab Banjarnegara dan Pelantikan DPC FKDT Kab Banjarnegara.

Menurut Akhmad Sururi, saat sekarang kita merasa prihatin dengan kondisi anak anak generasi bangsa. Tawuran antar pelajar sering terjadi, bahkan beberapa waktu yang lalu terjadi pembakaran gedung sekolah oleh siswa di sekolah tersebut. Berbeda dengan MDT yang selama ini belum pernah terjadi tawuran antar Madin atau tindakan kriminal lainnya. Ini menunjukkan bahwa MDT sangat memperhatikan pendidikan karakter dan akhkakul karimah.

Mengutip teori pendidikan yang disampaikan Imam Ghazali, bahwa pembelajaran    meliputi tiga aspek yang menjadi satu kesatuan. Pertama ilmu (mengetahui dan memahami) atau kognisi, kedua amal atau psikomotor (ketrampilan dan praktek) dan yang ketiga hal atau afektif. Internalisasi ketiga aspek tersebut dalam jiwa peserta didik itulah yang menjadi inti pendidikan karakter, kata Akhmad Sururi.

Wakil Sekjen DPP FKDT, Akhmad Sururi

Dalam rangka penguatan pendidikan karakter Wakil Sekjen DPP FKDT mengajak semua pejabat yang hadir dalam kesempatan tersebut untuk meningkatkan kepedulian dan perhatian kepada pendidikan MDT.

“Kami sangat mengapresiasi Pemkab Banjarnegara memiliki pehatian bagus kepada MDT, termasuk kemarin telah mengajak seluruh pengurus FKDT untuk study banding di Kab Ciamis. Sinergisitas dan kebersamaan para Pejabat di Banjarnegara menjadi hal sangat penting untuk mewujudkan generasi yang berkarakter di lingkungan MDT. Mari kita niati ibadah dalam mewujudkan kepedulian terhadap MDT,” pungkas Akhmad Sururi.

Kegiatan Wisuda dan Pelantikan Pengurus DPC FKDT Kab Banjarnegara Masa Khidmat 2023 – 2028 yang dilaksanakan di Pendopo Banjarnegara pada hari Minggu 19 Nopember 2023 dihadiri oleh Pj Bupati, Tri Harso Widirahmanto didampingi dengan Kabag Kesra. Kepala Kantor Kemenag H. Karsono, Komisi IV DPRD Banjarnegara Hj Lilis Ujianti, Ketua MUI dan Forkopimda setempat.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPC FKDT Kab Banjarnegara Masa Khidmat 2023 – 2028, H. Zahid Hasani, mengaturkan terima kasih kepada Pj Bupati yang telah memfasilitasi beberapa kegiatan FKDT. *(Red)

Editor : Elisa Nurasri

The post MDT Menjadi Garda Terdepan dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.