Beranda Pendidikan Sambut Ramadhan, SMPN 2 Ciamis Adakan Tradisi Munggahan

Sambut Ramadhan, SMPN 2 Ciamis Adakan Tradisi Munggahan

10
0

CIAMIS (pelitaindo.news) – Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi, ratusan siswa-siswi bersama para guru menggelar munggahan di lapang halaman sekolah SMP Negeri 2 Ciamis, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jum’at (9/3/24).

Menurut keterangan Humas SMP Negeri 2 Ciamis, Ruli Kusuma Wardani, SPd, setelah rutinan hari Jumat melaksanakan sholat dhuha dan kegiatan mengaji surat yasinan selanjutnya ada tausiah dari anak-anak dan guru.

Berlanjut kegiatan makan bersama, ini merupakan tradisi munggahan yang sudah biasa sejak lama.

Kepala sekolah Memet Priadi, S.Pd.M.Pd. menyatakan acara tersebut bukan hanya munggahan akan tetapi ada pemberian hadiah prestasi anak dari berbagai kegiatan; Futsal juara 2, Volley juara 1, kaligrafi juara 1, Dongeng b juara 3, badminton juara 1, pa/pi juara 3 pa dan juara umum ekspo.

“Acara mugahan ini makna positifnya saling berbagi makanan sesama teman pelajar dan guru. Sehingga menjadi momen untuk saling maaf memaafkan. Dan dalam melaksanakan ibadah puasa dan kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik,” ujarnya.

Disebutkan, munggahan atau punggahan merupakan tradisi berbagi untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan.

Ratusan pelajar yang berkumpul di halaman sekolah, membuat barisan rapih tertata dan para siswa siswi berikut guru sesudahnya solat dhuha, membacakan ayat suci al-Quran Bersama.

Rani salah seorang siswi Kami berkumpul dan beberapa acara bersama punggahan menyambut bulan puasa sambil bermaaf-maafan dengan ibu bapak guru dan teman-teman di sekolah.

Memet Priadi bersama para guru berpesan agar para siswa-siswi melaksanakan ibadah puasa dengan semangat dan rajin belajar serta memperbanyak ibadah. (Nana S)

The post Sambut Ramadhan, SMPN 2 Ciamis Adakan Tradisi Munggahan first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.