Beranda Pendidikan Siswi MAN 1 Darussalam Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Belanda

Siswi MAN 1 Darussalam Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Belanda

7
0

CIAMIS (pelitaindo.news) – Membanggakan, kata yang tepat untuk menggambarkan prestasi Melza Nur Zafitri siswi kelas XII MAN 1 Darussalam Ciamis yang berhasil diterima di salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Negeri Kincir Angin yaitu Wageningen University & Research.

Pada saat diwawancarai, Melza biasa disapa mengungkapkan kebahagiaannya dan harunya bisa diterima di Wageningen University & Research. “Ini adalah cita-cita saya dari dulu ingin melanjutkan perkuliahan di luar negeri. Saya sangat bersyukur doa-doa saya dikabulkan oleh Allah SWT,” ungkapnya, Rabu (6/3), di MAN 1 Darussalam Ciamis.

“Saya memilih kampus ini karena kampus ini memiliki reputasi yang sangat baik terutama dalam bidang riset dan peraktik,” ucapnya.

Ia juga menceritakan bahwa proses seleksi yang dijalaninya untuk seleksi perguruan tinggi tersebut sangat sulit dan harus bersaingan dari berbagai pelajar di seluruh dunia. “Proses seleksi dimulai pada Bulan Oktober 2023 dari mulai persiapan berkas, bahkan seleksi administrasi pun sulit karena kampus ini memiliki reputasi dan kualitas yang baik,” jelasnya.

“Proses seleksinya tidak ada tes langsung, tetapi ada banyak berkas yang harus disiapkan untuk disubmit, diantaranya Paspor, Transkrip Nilai, Surat Keterangan akan lulus, sertifikat prestasi dan itu semua harus dikonversi ke dalam bahasa inggris,” terang Melza.

Selain pemberkasan, lanjutnya, ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu bahasa asing, biaya, dan proses seleksinya.

“Pada proses seleksi administrasi tidak hanya upload berkas, tetapi membuat akun yang semacam Dikti dari Belanda, terus kita juga harus buat akun di kampus yang kita tuju,” ujarnya.

Melza juga mengakui untuk mengatasi kendala Bahasa Inggris, Ia mempersiapkan diri hampir setengah tahun dan terus belajar Bahasa Inggris selama 5 jam setiap harinya agar bisa lulus sertifikat ujian IELTS. “Setelah lulus IELTS, dilanjutkan dengan mengirim artikel dan kuisioner ke sana dan memang harus seusuai kriteria,” katanya.

“Setelah tahapan seleksi sudah dilaksanakan, pengumuman keluar sekitar 2 minggu dan pengumuman kelulusan melalui email saya yang berupa Letter of Acceptance (LoA) dari Wageningen University & Research,” ucap Melza.

Kelulusan Melza di Perguruan Tinggi Wageningen University & Research, sesuai dengan prestasi yang telah diukirnya yaitu pada Bidang Matematika dan Bahasa Inggris. Bahkan, Ia juga masuk Program ISC melalui jalur Prestasi.

Pada kesempatannya, Melza juga memberikan motivasi kepada adik tingkatnya supaya memiliki mimpi dan yakin akan mimpi itu.

“Semangat buat adik-adik kelas dan teman-teman semua, pokoknya jangan menyerah saat menghadapi kegagalan, kita harus yakin dengan mimpi kita. Walaupun untuk menggapai mimpi tersebut butuh persiapan dan pengorbanan,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga memberikan tips bahwa poin pentingnya jangan malu dan jangan takut dengan yang namanya kegagalan karena kegagalan akan membuat tumbuh lebih kuat.

“Tetap bersemangat terus berikhtiar dan tawakal, because we’re nothing without alloh,” ucap Melza.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis, Idan Nurdiana, menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat serta apresiasi yang tinggi pada Melza.

“Alhamdulillah, peserta didik kami tahun ini ada lagi yang diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri. Selamat untuk Ananda Melza atas keluarnya Letter of Acceptance (LoA) dari Wageningen University & Research di Belanda, Semoga langkah awal ini akan bermanfaat dan membawa keberkahan untuk semuanya,” harapnya.

Idan Nurdiana juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh dewan guru, orang tua dan semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada Ananda Melza.

“Semoga prestasi membanggakan ini memberikan kepercayaan bagi masyarakat untuk melanjutkan jenjang pendidikan menengahnya di MAN 1 Darussalam Ciamis,” pungkasnya.

Kabid Penmad Kemenag Jabar, H. Asep Lukman Hakim

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Asep Lukman Hakim, mengaku sangat bangga atas diterimanya Melza siswi MAN 1 Darussalam Ciamis di Perguruan Tinggi Luar Negeri yaitu Wageningen University & Research di Belanda.

“Saat ini sudah banyak siswa-siswi madrasah yang diterima di perguruan tinggi luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa siswa-siswi madrasah mampu berprestasi dan bersaing dengan sekolah umum,” tegas Asep.

Ia berharap dengan banyaknya prestasi yang diukir oleh pendidikan madrasah, maka tingkat kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi untuk menyekolahkan anaknya di madrasah. (Kontributor: Novam Scorpiantrien)

Editor : Elisa Nurasri The post Siswi MAN 1 Darussalam Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Belanda first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.