Beranda Pendidikan Pesantren Ramadhan Masjid Baiturohim Wahana Mencari Ilmu

Pesantren Ramadhan Masjid Baiturohim Wahana Mencari Ilmu

32
0

BREBES (pelitaindo.news) – “Mencari Ilmu menjadi kewajiban setiap muslim.  Kewajiban tersebut karena menjadi washilah untuk melakukan kewajiban sebagai orang Islam. Disinilah muncul pernyataan ulama yang artinya kewajiban setelah menjalankan ibadah wajib seperti sholat adalah mencari Ilmu. Artinnya mencari ilmu agama Islam menjadi keharusan karena menjadi washilah untuk sahnya ibadah”, kata Akhmad Miftahusalam saat memberikan Sambutan selaku Ketua Panitia Pesantren Ramadlan di masjid Jami Baiturrahim Jagalempeni Selatan Kec Wanasari Kab Brebes, Ahad (31/3/2024).

Menurut santri Lirboyo asal Jakatamu, untuk mewujudkan generasi yang berkualitas maka perlu menggali dan mendalami serta menekuni ilmu pengetahuan yang dapat membangun kualitas hidupnya. Lebih lebih ilmu agama Islam sangat penting dan harus kita pelajari dengan tekun. Melalui Pesantren Ramadlan ini peserta akan diberikan pemahaman keagamaan yang sangat bermanfaat untuk masa depan dalam kehidupannya.

“Pemuda sekarang adalah calon pemimpin masa depan yang harus diisi dengan pengetahuan yang bermanfaat. Anak anak perempuan hari ini akan menjadi pembimbing generasi penerus yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan ketentraman dalam kehidupan. Itu semua tentu dengan ilmu,” tegas Kang Mif panggilan akrab Akhmad Miftahusalam.

“Oleh karena itu melalui Pesantren Ramadlan ini gunakan waktu yang sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Jadikan Pesantren Ramadlan ini menjadi wahana untuk mencari ilmu agama dari Pesantren,” pungkas Ketua Panitia Pesantren Ramadlan tahun 1445/2024.

Pesantren Ramadlan di masjid Jami Baiturrahim Jagalempeni Selatan Kec Wanasari Kab Brebes

Di tempat yang sama, Akhmad Sururi selaku inisiator Pesantren Ramadlan berpesan kepada seluruh santri Pesantren Ramadlan agar menggunakan waktu selama kurang lebih sembilan hari dengan sebaik-baiknya. “Selama kurang lebih sembilan hari kalian akan mendapatkan pengetahuan agama Islam dari para pembimbing. Oleh karena itu gunakan waktu di Pesantren Ramadlan ini untuk mencari ilmu dan beribadah,” kata Akhmad Sururi.

“Insya Alloh kalian akan belajar kepada santri Lirboyo yang saat ini masih nyantri. Di hadapan kalian ini santri santri Pondok Pesantren Putri Lirboyo yang akan membimbing kalian dalam ilmu agama.Ikuti dan patuhi apa yang disampaikan oleh pembimbing,” imbuh alumni PP Lirboyo tahun 2000.

Kegiatan Pembukaan Pesantren Ramadlan dilaksanakan di aula Masjid Jami Baiturrahim pada hari Sabtu malam Ahad, 30 Maret   2024. Seluruh peserta Pesantren Ramadlan sejumlah kurang lebih seratus dengan Khidmat mengikuti upacara-upacara pembukaan.

Dalam kesempatan tesebut beberapa santri Pondok Pesantren Putri Lirboyo Kediri yang akan menjadi pembimbing diperkenalkan satu per satu oleh Akhmad Sururi. *(Red)

Editor : Elisa Nurasri

The post Pesantren Ramadhan Masjid Baiturohim Wahana Mencari Ilmu first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.