Beranda Nasional Pemkot Tasikmalaya Siapkan Layanan Mudik dan Wisata Aman Saat Libur Lebaran

Pemkot Tasikmalaya Siapkan Layanan Mudik dan Wisata Aman Saat Libur Lebaran

132
0

TASIKMALAYA (pelitaindo.news) – Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mempersiapkan pelayanan mudik dan sektor pariwisata untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang sedang mudik maupun berwisata mengisi libur Hari Raya Idul Fitri di Tasikmalaya.

“Kami siap-siap, kami siapkan posko-posko,” kata Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah seusai gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di Tasikmalaya, Senin (17/4/2023).

Ia menuturkan Pemkot Tasikmalaya bersama Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota berupaya memberikan pelayanan secara maksimal untuk kenyamanan dan keamanan pemudik maupun masyarakat yang berkunjung ke Kota Tasikmalaya.

Kesiapan pemerintah daerah dan kepolisian, kata dia, dengan menyiapkan posko pengamanan gabungan yang disebar di setiap tempat yakni perkotaan, jalur mudik, dan juga tempat wisata maupun pusat perbelanjaan.

“Kami sudah melaksanakan gelar pasukan dari seluruh elemen, dari semua elemen yang hadir, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Ia menyampaikan selain menyiapkan posko, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kelaikan bus, kesehatan sopir dan memastikan sopir dalam keadaan sehat serta tidak ketergantungan obat terlarang atau narkoba.

Kesiapan sektor pariwisata, kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pelaku usaha hotel untuk memaksimalkan pelayanan kepada pengunjung saat musim libur Lebaran. “Kamk berkoordinasi dengan hotel-hotel, koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk segera mengecek kesiapan pariwisata kita,” katanya.

Menurut dia momentum libur Lebaran akan banyak orang yang datang ke Kota Tasikmalaya, dan semua itu harus dikelola dengan baik mulai dari kebutuhan menginap, makan, dan juga kebutuhan lainnya.

“Kami ‘support’ dari sisi UMKMnya, seperti batik, bordir, kelom dan sebagainya bisa kita tonjolkan nanti,” kata Cheka.

Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin menyampaikan seluruh anggota sudah diperintahkan untuk bersikap humanis dalam setiap melaksanakan tugas melayani masyarakat. Selain itu, seluruh anggota harus menjaga stamina dan kesehatannya.

Meski jajarannya sudah siap melaksanakan pengamanan, kata Kapolres, namun masyarakat juga harus tetap waspada dan berhati-hati ketika bepergian saat musim libur Lebaran.

“Pastikan keamanan rumah saat ditinggalkan, tambahkan kunci pengaman untuk kendaraan yang ditinggal, pastikan juga aliran air dan peralatan listrik dalam kondisi aman, sehingga mudik ataupun meninggalkan rumah lebih nyaman,” kata Kapolres. *(Ant)

The post Pemkot Tasikmalaya Siapkan Layanan Mudik dan Wisata Aman Saat Libur Lebaran first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.