Beranda Ekonomi & Wirausaha Berdayakan Masyarakat Melalui Cafe BUMDes, Jayalaksana Siap Jadi Desa Terbaik di Indramayu

Berdayakan Masyarakat Melalui Cafe BUMDes, Jayalaksana Siap Jadi Desa Terbaik di Indramayu

60
0

INDRAMAYU (pelitaindo.news) – Desa Jayalaksana Kecamatan Kedokan Bunder Indramayu memiliki inovasi yang sangat luar biasa dalam pemberdayaan masyarakat yang bisa bermuara pada kesejahteraan rakyat.

Inovasi tersebut yakni memberdayakan BUMDes dengan mengelola cafe dengan konsep jajanan rakyat yang memanfaatkan eks bangunan pasar tradisional Desa Jayalaksana.

Dengan keunggulan BUMDes ini, Desa Jayalaksana siap menjadi desa terbaik di Kabupaten Indramayu. Kesiapan Desa Jayalaksana menjadi yang terbaik itu terlihat pada penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Indramayu, Rabu (17/5/2023).

Ketua Tim Penilai Lomba Desa, Tati Rahmawati mengungkapkan, pihaknya sangat terkesan dengan penilaian yang dilakukan di Desa Jayalaksana tersebut. Pasalnya, baru pertama kali tim disambut di bangunan BUMDes yang sangat bagus dan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakatnya.

Keberadaan BUMDes tersebut diharapkan memiliki dampak positif bagi pemberdayaan masyarakat melalui fasilitasi UMKM untuk mengembangkan usahanya.

“Ini sangat luar biasa keren, dan kami baru pertama kali disambut dan melihat bangunan BUMDes yang sangat representatif seperti ini,” kata Tati yang merupakan Sekdis DPMD Kabupaten Indramayu yang disambut tepuk tangan oleh undangan yang hadir.

Tati menambahkan, beberapa penilaian yang dilakukan pada lomba desa tersebut yakni pemerintahan, kewilayahan, dan pemberdayaan masyarakat serta inovasi desa.

Sementara itu Kuwu Jayalaksana, H. Warno mengatakan, selain BUMDes yang mengelola café, inovasi lainnya untuk pemberdayaan masyarakat yaitu melalui pemberdayaan UMKM yang dimotori oleh para kader PKK, Posyandu dan KB berupa Keripik Tumpi. Kemudian juga saat ini terus mempromosikan UMKM millenial berupa Nastar Mangga Gedong Gincu yang jadi andalan Desa Jayalaksana.

“Semua konsep pemberdayaan masyarakat tersebut diharapkan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa Jayalaksana baik secara ekonomi maupun sosial,” kata Warno.

Camat Kedokan Bunder, Atang Suwandi mengatakan, pihaknya terus mendorong desa-desa lainnya untuk melakukan inovasi terutama untuk tata pemerintahan, layanan publik, maupun pemberdayaan masyarakat.

“Kita berharap setelah Desa Cangkingan, Desa Jayalaksana juga menjadi desa terbaik di Kabupaten Indramayu,” tegas Atang. (Herman/Tongol)

Artikel Berdayakan Masyarakat Melalui Cafe BUMDes, Jayalaksana Siap Jadi Desa Terbaik di Indramayu pertama kali tampil pada pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.