Beranda Pendidikan Pemilihan Calon Ketua OSIS sebagai Implementasi P5 Rahmatan lil Alamin dalam Kurikulum...

Pemilihan Calon Ketua OSIS sebagai Implementasi P5 Rahmatan lil Alamin dalam Kurikulum Merdeka

30
0

PEKALONGAN (pelitaindo.news) – Pada Kamis, 7 September 2023 MTs NU Tirto Pekalongan menggelar pesta demokrasi berupa pemilihan calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2023/2024 dengan mengusung tema “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin”.

Pemilihan ini berlangsung layaknya pemilihan umum di Indonesia yakni dengan menganut asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil), sebagaimana tertuang dalam Pasal 2 UU No. 7 Tahun 2017 (UU Pemilu).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB di halaman madrasah ini, turut serta mendatangkan KPU yang diwakili oleh Panitia Pemilihan Kecamatan Tirto sebagai pemateri tentang Demokrasi Pancasila sebelum pemungutan dan penghitungan dimulai.

Dalam sambutannya, Salafudin, S.Ag, M.Pd.I selaku Kepala Madrasah menyampaikan, dari kegiatan ini peserta didik diharapkan mampu mendapatkan pengetahuan sebagai proses penguatan karakter siswa, serta menjadi wadah untuk belajar dari lingkungan sekitar.

“Serta, agar siswa mampu bertanggung jawab atas siapa yang menjadi pilihannya. Pemahaman mengenai pemilu memang sengaja ditanamkan sejak tingkat ini supaya siswa mengetahui prinsip memilih wakil rakyat tanpa ada paksaan. Selain itu, ketua yang mereka pilih sesuai dengan harapan mereka sendiri,” ujarnya.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB, petugas TPS yang semuanya dihandle oleh pengurus OSIS periode 2022/2023 telah siap berada di TPS guna melakukan persiapan.

Sebagai pembuka kegiatan tersebut, petugas TPS memberikan penjelasan tentang cara memberikan suara, kondisi surat suara dan detail teknisnya. Saat datang ke TPS, siswa wajib berbaris di depan panitia, kemudian menunggu panggilan oleh petugas.

Siswa akan mendapat surat suara dan langsung masuk ke salah satu dari tiga bilik suara yang telah di sediakan untuk mencoblos. Satu persatu siswa memasuki TPS. Setiap siswa diinstruksikan mengambil kertas suara dan menunggu giliran menggunakan hak pilih. Kartu tersebut berisi gambar 5 kandidat calon ketua OSIS. Hasil dari pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS ini ialah diambil suara terbanyak. *(Kontributor: Khairul Anwar)

The post Pemilihan Calon Ketua OSIS sebagai Implementasi P5 Rahmatan lil Alamin dalam Kurikulum Merdeka first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.