Beranda Nasional Kemenag KBB Launching Kampung Moderasi Beragama di Lembang

Kemenag KBB Launching Kampung Moderasi Beragama di Lembang

69
0

Lembang, Kab. Bandung Barat (pelitaindo.news) – Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat, H. Sopian, meresmikan Kampung Moderasi Beragama yang berada di Desa Jayagiri, Lembang. Kegiatan peresmian ini dilaksanakan di Aula Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial pada Rabu (26/7/2023).

Sopian berharap peresmian Kampung Moderasi Beragama ini akan menciptakan kesatuan dan persatuan di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

“Saya ingin menciptakan kesatuan dan persatuan antara kita, makanya ada kampung moderasi beragama. Kampung Moderasi Beragama itu banyak artinya bukan hanya muslim saja, bukan hanya krisiun saja, tetapi kita ciptakan kerukunan, ya,” ujar Sopian.

H. Sopian, S.Pd., M.Si., Plt Kepala Kemenag KBB

Kampung Moderasi Beragama sendiri merupakan program dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau lingkungan yang masyarakatnya memiliki cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang moderat dalam rangka menyukseskan pembangunan nasional. Sopian berharap setelah peluncuran Kampung Moderasi Beragama ini akan ada pembinaan atau pendampingan agar misi yang dibawa oleh Kementerian Agama dapat tercapai dengan maksimal.

“Bukan hanya launching, tapi implementasi dari launching ini ke depannya bagaimana di Desa Jayagiri ini. Saya ingin ada pertemuan-pertemuan di kampung itu pembinaan dan pengawasan, implementasinya bagaimana gitu ya,” ujar Sopian.

Sejalan dengan Sopian, Camat Lembang, Dudi Supriadi, mengatakan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi sebuah histori seperti misalnya kemerdekaan Republik Indonesia yang merupakan buah perjuangan dari multi sektor seperti keberagaman keagamaan, suku bangsa dan lain sebagainya. Artinya, kebersamaan akan berujung kepada kondusivitas pembangunan itu sendiri.

“Kita sadari bahwa wilayah Kabupaten Bandung Barat ini mendekati ke heterogenitas yang sangat tinggi, plural yang sangat tinggi. Mudah-mudahan status desa moderasi itu dapat kami pertahankan dan dapat menjadi salah satu desa unggulan, terutama kaitan dengan heterogenitas dan keberagaman dalam konteks keagamaan,” ujar Dudi.

Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan program seribu Kampung Moderasi Beragama (KMB) yang tersebar di seluruh Indonesia dan diresmikan secara serentak pada Rabu (26/7). Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu desa yang termasuk dalam program tersebut. *(Nas)

The post Kemenag KBB Launching Kampung Moderasi Beragama di Lembang first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.