Beranda Seni Budaya dan Pariwisata Forkopimcam Bangodua Adakan Kirab Pusaka Leluhur Indramayu

Forkopimcam Bangodua Adakan Kirab Pusaka Leluhur Indramayu

28
0

INDRAMAYU (pelitaindo.news) – Kirab Pusaka menjadi salah satu kegiatan yang sakral khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Dimana sejumlah senjata pusaka milik pendiri Indramayu Raden Bagus Arya Wiralodra dan para leluhur lainnya diarak mengelilingi seluruh wilayah Bumi Wiralodra. Di antaranya ada Gagak Winangsih yang merupakan lambang pertama Indramayu, senjata Wiralodra Cakra Udaksana Kiyai Tambu, dan lain sebagainya.

Camat Bangodua H. Raden Mas Wahyu Adhiwijaya, S.STP M.Si, dan kepala Desa se-kecamatan Bangodua, Kapolsek Tukdana, Danramil 0616 Bangodua Didampingi Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopimcam) Kecamatan Bangodua sambut kedatangan Tim Kirab Pusaka peninggalan leluhur Indramayu di halaman Kecamatan Bangodua, Sabtu (30/09/2023).

Ketua Tim Kirab Pusaka Kabupaten Indramayu Dasuki menjelaskan, kegiatan Kirab Pusaka ini dalam rangka memeringati hari jadi Kabupaten Indramayu ke-496 tahun 2023. Kirab Pusaka disambut secara antusias oleh para Kuwu dan Pamong se-Kecamatan Bangodua dan Kepala UPT/UPTD Se kecamatan Bangodua pada momentum ini pusaka yang di Arak oleh Tim Kirab Pusaka ke 31 Kecamatan di Kabupaten Indramayu, yaitu Pusaka Cakra Udaksana, pusaka bersejarah peninggalan Bupati Indramayu Raden Arya Wiralodra.

“Dengan dilaksanakannya Kirab Pusaka dengan harapan agar masyarakat Kabupaten Indramayu mengingat akan leluhur pendiri Indramayu serta mengenal sejarah budaya leluhur, kita sebagai generasi penerus kiranya dapat membangun dan mengharumkan nama Indramayu keseluruh Nusantara bahkan sampai ke mancanegara, selain itu mewujudkan INDRAMAYU BERMARTABAT “Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat,” ungkap Camat H. Raden Mas Wahyu Adhiwijaya, S.STP M.Si. *(Prapto/Herman Tongol)

The post Forkopimcam Bangodua Adakan Kirab Pusaka Leluhur Indramayu first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.