Beranda Polhukam Dorong Masyarakat Ikut Awasi Pemilu, Bawaslu Gandeng LPPL Swara Widuri Pemalang

Dorong Masyarakat Ikut Awasi Pemilu, Bawaslu Gandeng LPPL Swara Widuri Pemalang

67
0

PEMALANG (pelitaindo.news) – Guna mengembangkan pengawasan partisipatif dengan cara mendorong masyarakat agar ikut berperan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menandatangani kerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Swara Widuri Pemalang.

Penandatanganan Mou yang dibarengkan dengan sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut dilakukan Ketua Bawaslu Heri Setiawan dan Plt Kepala Diskominfo Pemalang Joko Ngatmo di salah satu hotel di Pemalang, Kamis (25/5/2023).

Heri Setiawan saat membuka sosialisasi pengawasan partisipatif mengatakan kerjasama tersebut sebagai upaya keinginan Bawaslu mengajak seluruh masyarakat Pemalang untuk berpartisipasi mengawasi dan memberikan informasi bersama dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Artinya kami ingin mengajak masyarakat untuk mengawasi bareng memberikan informasi bersama pelaksanaan Pemilu,” jelasnya.

Heri meyakini dengan kerjasama dengan LPPL Radio Swara Widuri maka pihaknya dapat menginformasikan kegiatan yang dilaksanakannya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang sebagai bagian rasa tanggung jawab kepada publik.

“Kerja – kerja Bawaslu melalui radio bisa diinformasikan kepada masyarakat yang ada di pelosok desa,” imbuhnya.

Selain itu, kerjasama juga untuk mengajak semua elemen masyarakat bisa saling mengawasi kerawanan serta pelanggaran dalam Pemilu karena masyarakat juga mempunyai tanggungjawab untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Masyarakat Ikut bertanggungjawab untuk menghasilkan pemimpin atau wakil rakyat yang berkualitas dalam penyelenggaraan pemilu,” pungkasnya.

Sementara Joko Ngatmo usai menandatangani MoU mengapresiasi sekaligus mendukung upaya Bawaslu untuk membuka kanal informasi terkait pengawasan pelaksanaan Pemilu melalui LPPL Radio Swara Widuri

Menurut Joko dengan telah ditandatangani kerjasama ini maka pihaknya akan segera menindaklanjuti dengan pengaturan jadwal penyiaran publik yang akan diinformasikan bersama Bawaslu Pemalang terkait pengawasan Pemilu.

Dengan demikian lanjut Joko informasi yang akan disampaikan bersama dengan Bawaslu kepada masyarakat harapannya adalah menjadi tepat waktu sehingga mudah masyarakat ingat waktu manakala ada jadwal penyiaran tersebut.

“Jadi informasi yang disampaikan kepada masyarakat akan tepat waktu artinya kita tentukan hari dan waktunya siarannya sehingga masyarakat ingat jadwal siaran dari Bawaslu,” tuturnya.

Lebih lanjut Joko mengaku cakupan penyiaran LPPL Radio Swara Widuri saat ini semakin luas, cakupan siaran kini tidak hanya bisa didengar oleh masyarakat Kabupaten Pemalang saja namun siaran LPPL Swara Widuri kini dapat didengarkan hingga ke manca negara.

“Karena siaran LPPL Radio Swara Widuri Pemalang sudah terkoneksi dengan Kementerian Kominfo RI,” ungkapnya.

Peserta sosialisasi terdiri dari organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, mahasiswa dan media. (*)

Artikel Dorong Masyarakat Ikut Awasi Pemilu, Bawaslu Gandeng LPPL Swara Widuri Pemalang pertama kali tampil pada pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.