Beranda Investigasi Yayasan Daarul Jannah Insani Diduga “Fiktif”, Peroleh Hibah Jabar Capai Milyaran Rupiah

Yayasan Daarul Jannah Insani Diduga “Fiktif”, Peroleh Hibah Jabar Capai Milyaran Rupiah

11
0

INDRAMAYU (Pelitaindo.news) – Ditemukan Yayasan Pondok Pesantren di Kabupaten Indramayu Jawa Barat diduga “fiktif”. Namun, yayasan tersebut memperoleh anggaran hibah dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Hal yang tidak terduga, Yayasan Pondok Pesantren yang dinamakan “Daarul Jannah Insani” itu memperoleh dana hibah dari bantuan Pemprov Jabar dengan nominal yang sangat fantastis di tahun 2023.

Informasi perihal hibah, diperoleh awak media berdasarkan data Lampiran III Daftar Nama Penerima, Alamat Penerima, dan besaran dana hibah tahun anggaran 2023. Di dalam data itu, ditemukannya Yayasan Darul Jannah Insani, beralamat di Jalan Kapten Sutedjo Nomor 95 C Kabupaten Indramayu, dengan nominal hibah yang diterima kurang lebih sebesar Rp1.350.000.000 (Satu Miliar Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah).

Sementara itu, hasil penelusuran awakmedia sesuai dengan alamat yayasan itu, ternyata tidak ditemukan tanda-tanda aktif kegiatannya, pondok pesantren atau yayasan “Daarul Jannah Insani” tetapi lokasi tersebut berubah menjadi pondok pesantren lain yang bernamakan Daarul Mansur.

Jalan Kapten Sutedjo Nomor 95 C Kab Indramayu yang digunakan sebagai alamat Yayasan

Salah satu Pengelola Ponpes Darul Mansur, KH. Rohimin menyebutkan bahwa, saat ini di lokasi tersebut hanya ada Ponpes Daarul Mansur yang diresmikan pada tahun lalu dengan pengelola yang berbeda.

“Pengelola kita beda, kalau Daarul Jannah ya dengan pihak pengelolanya, Red,” kata dia.

Menanggapi hal itu, Slamet Edi, Kasi PD Pontren Kementrian Agama Kabupaten Indramayu ia mengungkapkan, Yayasan Pondok Pesantren Darul Jannah, per hari ini belum menempuh proses perizinan.

“Karena itu belum menempuh proses perizinan jadi bukan naungan kami (Kemenag),” ujarnya, pada Kamis (14/03/2024).

Keterkaitan dengan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pihaknya menegaskan tidak tahu-menahu. “Kalau hibah dari provinsi, kami tidak tahu-menahu, Red,” tegas Kasi PD Pontren. (Sanaji)

The post Yayasan Daarul Jannah Insani Diduga “Fiktif”, Peroleh Hibah Jabar Capai Milyaran Rupiah first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.