Beranda Pendidikan SMP Negeri 1 Cimaragas Ciamis Ciptakan Sekolah Aman dan Menyenangkan

SMP Negeri 1 Cimaragas Ciamis Ciptakan Sekolah Aman dan Menyenangkan

33
0

CIAMIS (pelitaindo.news) – SMP Negeri 1 Cimaragas yang berlokasi di Jalan Raya Cimaragas No. 262, Cimaragas, Kec. Cimaragas, Kab. Ciamis saat ini tengah konsen dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Sekolah dengan tingkat Akreditasi A tersebut, memprioritaskan perbaikan dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar di sekolah.

Kepala SMP Negeri 1 Cimaragas, Yudi Nugraha, S.Pd. juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan yang telah memperbaiki beberapa ruang belajar siswa. Ia berharap, dengan ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai dapat menciptakan situasi yang aman, nyaman dan menyenangkan dalam proses belajar dan mengajar di sekolah.

Menurutnya, sekolah Aman dan Menyenangkan menjadi salah satu amanah Peraturan Pemerintah Nomor 32, Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan ayat 1, yaitu Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Sasaran utama dari Peraturan Pemerintah tersebut adalah pada kondisi lingkungan sekolah dan lingkungan kelas yang aman dan nyaman serta mampu memfasilitasi pembelajaran menyenangkan.

Yudi Nugraha mengatakan, lingkungan sosial atau suasana kelas adalah penentu psikologis utama yang mempengaruhi hasil belajar. Pada era sekarang, sekolah harus mengubah fungsi dari institusi yang hanya mentransfer pengetahuan menjadi rumah kedua yang menciptakan ekosistem baru untuk penumbuhan karakter dan kompetensi yang dibutuhkan.

“Pembelajaran menyenangkan bukan hanya menjadi tanggung jawab guru kelas, melainkan juga harus didukung oleh manajemen sekolah yang kuat dan dipimpin kepala sekolah yang kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, sekolah sebagai tempat belajar ideal seharusnya guru mengajar dengan cara yang menyenangkan. Konsep aman dan menyenangkan dapat menumbuhkan karakter terutama bagi siswa pada pendidikan dasar. Hal ini juga dapat membuka wawasan dan memotivasi siswa untuk belajar dengan karakter yang sehat sehingga kualitas pembelajaran diharapkan dapat menjadi baik dengan berujung pada lulusan siswa yang berkompeten dan berkarakter.

Begitu pula dukungan dan antusias masyarakat pun bertambah dengan adanya peningkatan mutu sekolah dan perbaikan beberapa ruang belajar. (Vijay)

The post SMP Negeri 1 Cimaragas Ciamis Ciptakan Sekolah Aman dan Menyenangkan first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.