Beranda Pendidikan MAN PK Darussalam Ciamis Laksanakan SNPDB

MAN PK Darussalam Ciamis Laksanakan SNPDB

9
0

CIAMIS (Aswajanews.id) – Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah adalah salah satu jalur penerimaan calon peserta didik baru MAN Insan Cendekia (MAN IC), MAN Program Keagamaan (MAN PK), dan MA Kejuruan Negeri (MAKN). Di tahun 2024 ini SNPDB dilaksanakan di 173 titik lokasi se-Indonesia yang berlangsung selama 2 hari yaitu 2 sampai dengan 3 Maret 2024.

MAN PK Darussalam Ciamis merupakan salah satu Madrasah Aliyah Program Keagamaan di Jawa Barat yang ikut melaksanakan seleksi penerimaan peserta didik baru jalur tes berbasis CBT dan wawancara pada tanggal 2 Maret 2024.

Idan Nurdiana, Kepala Madrasah MAN 1 Darussalam Ciamis menyebutkan bahwa peserta didik yang mengikuti seleksi ini adalah peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri, swasta, Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Pendidikan Muadalah yang memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditetapkan.

“Dari 230 pendaftar yang telah mengikuti rangkaian seleksi berkas, maka telah berhasil lolos sebanyak 206 peserta didik yang berhak mengikuti tes CBT dan wawancara, serta 4 orang peserta lolos seleksi jalur prestasi,” jelas Idan, Sabtu (2/3), di MAN 1 Darussalam Ciamis.

Untuk kuota yang diperebutkan, lanjutnya, yaitu sebanyak 48 orang yang terdiri dari 24 orang putra dan 24 orang putri.

Masih menurutnya bahwa pendaftar siswa tahun ini mengalami peningkatan dari tahun 2023.  “Hal ini menunjukkan animo orangtua dan lulusan MTs/SMP untuk melanjutkan ke MAN Unggulan Khususnya MAN PK Darussalam Ciami,” ujarnya.

“Peningkatan animo masyarakat ini tidak terlepas dari dukungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Pendidikan Madrasah yang sudah sangat berperan dalam mensosialisasikan SNPDB MAN PK Darussalam Ciamis,” ucap Idan dengan penuh bangga.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Asep Lukman Hakim, yang turut menyaksikan langsung seleksi ini mengapresiasi kesiapan MAN 1 Darussalam Ciamis dalam melaksanakan SNPDB.

“Saya bangga atas kenaikan jumlah siswa pendaftar MAN-PK Darussalam Ciamis. Ini mengartikan bahwa masyarakat sudah semakin mengenal MAN PK Darussalam Ciamis sebagai madrasah unggulan program peminatan bidang keagamaan berbasis asrama,” ucapnya.

Ia pun menerangkan bahwa MAN-PK Darussalam merupakan bagian dari MAN 1 Ciamis dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat dengan tafaqquh fiddin (pendalaman ilmu-ilmi agama), serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris.

Asep berharap bahwa SNPDB ini akan menghasilan calon siswa-siswi unggulan MAN-PK Darussalam Ciamis yang akan meraih berbagai prestasi keagamaan, akademik dan non akademik dan menjadi siswa-siswi yang berwawasan ke-Islaman, ke-Indonesiaan dan ke-modernan yang baik. *(Kontributor: Novam Scorpiantrien)

Editor: Elisa Nurasri

The post MAN PK Darussalam Ciamis Laksanakan SNPDB first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.