Beranda Nusantara Bukber dan Sahur Bersama di Pesantren Ramadhan Masjid Baiturrahim

Bukber dan Sahur Bersama di Pesantren Ramadhan Masjid Baiturrahim

8
0

BREBES (pelitaindo.news) – Salah satu kegiatan Pesantren Ramadlan di masjid Baiturrahim adalah buka puasa bersama. Kegiatan ini pasti sangat menarik karena mereka sangat menunggu saatnya buka puasa tiba diiringi dengan suara adzan magrib berkumandang di masjid Jami Baiturrahim Jagalempeni Selatan Kec Wanasari Kab Brebes. Mereka merasakan kegembiraan bisa menikmati buka puasa bersama dengan teman teman dalam suasana yang penuh keakraban.

Inisiator Pesantren Ramadlan, Akhmad Sururi mengatakan bahwa kegiatan Pesantren Ramadlan ini salah satunya bertujuan untuk mewujudkan rasa kebersamaan. Hal tersebut tercermin saat buka puasa bersama. “Kebersamaan menjadi salah satu tujuan Pesantren Ramadlan. Karena dengan bersama itu terasa indah dan akan memunculkan rasa bahagia. Oleh karena itu saat mereka berbuka, kebahagiaan terpencar dari wajah wajah mereka. Celoteh dan tertawa riang menjadi suara yang menyedapkan disela sela menikmati makan bersama,” kata Akhmad Sururi.

“Sebelum buka puasa biasanya mereka ngabuburit, jalan ke arah timur sekalian beli jajan tambahan untuk buka puasa. Buka puasa dan sahur disediakan oleh panitia secara gratis. Santri Pesantren Ramadhan tidak dipungut biaya sepeserpun. Menu buka disediakan oleh masyarakat lingkungan mushola yang dijadwal oleh Panitia. Adapun untuk makan sahur adalah sumbangan dari beberapa pengurus mushola lingkungan Jagalempeni Selatan,” pungkas Akhmad Sururi.

Ketua Panitia Pesantren Ramadhan, Ahmad Miftahusalam menuturkan bahwa peserta pesantren Ramadhan dengan jumlah kurang lebih 100 santri lebih banyak didominasi santri putri. “Al hamdulilah semua santri yang didominasi perempuan bisa menikmati buka puasa dan sahur dengan tertib. Mereka bisa melaksanakan budaya antri saat akan mendapatkan makan sahur serta bisa duduk dengan rapih,” kata Miftah.

Pesantren Ramadhan di masjid Jami Baiturrahim berlangsung selama sepuluh hari, mulai tanggal 19 sampai 29 Ramadlan. Adapun peserta yang ikut sebagian besar dari anak anak lingkungan mushola di Jagalempeni Selatan dan sebagian dari luar Jagalempeni Selatan. Kegiatan Pesantren Ramadhan ini terselenggara atas kerjasama DKM Masjid bersama dengan Pengurus Ranting NU dan badan otonomnya. *(Red)

Editor: Elisa Nurasri

The post Bukber dan Sahur Bersama di Pesantren Ramadhan Masjid Baiturrahim first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.