Beranda Nasional Baznas Brebes : Pembentukan UPZ Masjid Agar Sesuai 3 Kaidah Aman

Baznas Brebes : Pembentukan UPZ Masjid Agar Sesuai 3 Kaidah Aman

17
0

BREBES (pelitaindo.news) – Sebanyak 6 Kecamatan yakni Kecamatan Jatibarang, Songgom, Larangan, Ketanggungan, Kersana, Banjarharjo menghadiri Sosialisasi Pembentukan UPZ Masjid Desa dan Musyawarah Cabang DMI Kecamatan di Aula Masjid Jami Baitul Muttaqin dukuh Kedawon desa Rengaspendawa Kecamatan Larangan, Kamis (27/06/2024).

Hadir Pengurus Masjid Besar, Kasi Kesos, MWC NU, DPAC FKDT Kecamatan, PC Muhamadiyah, Pengurus Baznas, PD DMI Kabupaten Brebes, Plt Kesra Setda Brebes, dan Pengurus Masjid Jami di 6 Kecamatan.

Wakil Ketua 3 Baznas Hj. Aqilatul Minawaroh mengatakan, pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) agar sesuai 3 Kaidah aman, yakni pertama aman syari, Kedua aman regulasi dan ketiga aman NKRI sesuai payung hukum Undang-undang No 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

“Aman Syari dimana pengumpulan dan pentasyarufkan sesuai syariat, aman regulasi agar sesuai peraturan yang ada dalam pengelola zakat dan aman NKRI diharapkan dana yang terkumpul untuk tasyarufkan kaidah dan norma negara kesatuan republik Indonesia,” ungkapnya.

Tidak ada tujuan untuk bersaing atau merebut lahan dari lembaga zakat yang lain, karena ini menjadi rekomendasi nasional yang diberikan kepada Baznas agar semua UPZ Masjid Besar, UPZ Masjid Jami, termasuk UPZ masjid lainnya, yang diajukan kepada Baznas Kabupaten Brebes untuk di tetapkan melalui SK UPZ Masjid dari Baznas.

Ditempat yang sama, Pj. Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, SH, M.Hum dalam sambutannya yang di bacakan Plh. Kabag Kesra Drs. Nadirin mengapresiasi upaya baznas yang berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia dalam merealisasikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid.

“Peran Masjid sebagai institusi umat sangat strategis sebagi ujung tombak dalam pengelolaan zakat, dan diharapkan dimaksimalkan potensi untuk pengelolaan zakat di level masjid,” tuturnya.

Sosialisasi Pembentukan UPZ Masjid Desa dan Musyawarah Cabang DMI Kecamatan

Sementara Pengurus PD DMI Kabupaten Brebes Imam Dardiri, SH, MH mengapresiasi kolaborasi dalam sosialisasi pembentukan UPZ Masjid Desa yang difasilitasi oleh Baznas Brebes selesai, dilaksanakan langsung  Musyawarah Cabang (Muscab) dimana tiap Kecamatan terbentuk PC DMI.

“Tanggal 3 Juli, akan ada pengukuhan dan Rapat Kerja PD dan PC Dewan Masjid Indonesia yang dilaksanakan di Aula serba guna masjid Ittihad Jatibarang,” pungkasnya. *(Kontributor : Bahrul Ulum)

www.youtube.com/@anas-aswaja

The post Baznas Brebes : Pembentukan UPZ Masjid Agar Sesuai 3 Kaidah Aman first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.