Beranda Jabodetabek Waspadai Gempa Susulan yang Terjadi di Beberapa Daerah, Ini Ulasan BMKG

Waspadai Gempa Susulan yang Terjadi di Beberapa Daerah, Ini Ulasan BMKG

190
0

Kabupaten Bogor, Mediasakti.idDi bulan Oktober, Indonesia memasuki musim penghujan, dan sudah beberapa pekan, hampir dibeberapa Daerah merasakan curah hujan yang cukup tinggi.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dibeberapa wilayah Indonesia secara umum memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2021. Sifat musim hujan pada periode 2021/2022 diperkirakan normal.

Waspadai hujan lebat yang tiba-tiba dengan durasi sedang hingga lebat, yang disertai angin kencang dan petir. Waspadai potensi terjadinya angin langkisau dan hujan es.

Sampai berita ini dihimpun MediaSakti.id. yang dikutip dari laman resmi BMKG, masyarakat diimbau agar lebih waspada dengan kondisi alam yang saat ini kurang menentu, 5 wilayah yang saat ini diguncang gempa khusus antaranya :

*) Pacitan.
*) Trenggalek.
*) Wonogiri.
*) Gunung Kidul.
*) Bantul.
*) Yogyakarta.

Gempa pertama kali terjadi di Kota Tehoru, Maluku, getarannya terasa dalam skala III MMI (Modified Mercalli Intensity). Gempa bermagnitudo 3,5 dengan pusat lindu berada di darat.

Gempa juga mengguncang Tambrauw, Papua Barat dengan kekuatan magnitudo 5,3. Koordinat titik gempa terletak di -7,27 Lintang Selatan (LS) dan 130,24 Bujur Timur (BT).

Selanjutnya, gempa terjadi di Pacitan, getarannya dirasakan di enam wilayah sekitar termasuk Yogyakarta, dengan skala II sampai III MMI. Lindu terjadi pada pukul 12:00:47 WIB dengan magnitudo 4,8.

Tercatat hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12:00:47 WIB, tidak terdapat gempa susulan. Masyarakat juga diimbau agar tetap tenang.

Selain itu, masyarakat harap agar tidak terpengaruh oleh hoaks atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk informasi terkait gempa terkini masyarakat bisa mengaksesnya melalui kanal info BMKG. (JP/Red)

Terima kasih telah membaca Mediasakti.id
Dapatkan Informasi, Inspirasi dan Insight di email kamu.

Daftarkan email

Artikel sebelumyaDewan Kerja Masjid Annajah bersama Kapolres Banjar, ada apa kah?? 
Artikel berikutnyaKepung Balai Kota Bogor, Para Budayawan Tolak Glow Kebun Raya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here