Beranda Priangan Timur Kejadian Lakalaut Sejak Dibuka Kembali Pantai Pangandaran Bisa Teratasi

Kejadian Lakalaut Sejak Dibuka Kembali Pantai Pangandaran Bisa Teratasi

181
0

Pangandaran, Mediasakti.id – Ketua Balawista Pangandaran, Heri Haerudin mengatakan semenjak pariwisata dibuka dan ramai, pihaknya sering melakukan penyelamatan korban lakalaut.

“Kejadian semenjak dibuka dan cukup ramai, kami sering kali melakukan penyelamatan korban yang tenggelam di pantai. Dan itu, untuk data – datanya telah kami terima, kami simpan dan diarsipkan,” ujar Heri melalui WhatsApp, Selasa (5/10/2021).

Sementara, lanjut ia, untuk korban yang meninggal akibat lakalaut sejak objek wisata dibuka itu tidak ada.
“Alhamdulillah semuanya bisa diselamatkan, yang tentu dengan kesigapan dari kemampuan petugas yang ada di lapangan,” ucapnya.

Menurutnya, kebanyakan terjadi lakalaut karena banyak wisatawan yang berenang di lokasi arus bahaya.
“Padahal di lokasi tersebut sudah kami tandai dengan bendera merah dan banner dengan tulisan dilarang berenang. Karena, di lokasi tersebut merupakan lokasi arus yang berbahaya,” kata Heri.

Tapi, ungkap ia, karena pengunjung mungkin belum memahami dengan situasi kondisi alam mereka terseret arus ke tengah laut. “Mereka terseret arus laut dan tidak bisa kembali lagi ke pantai. Yang akhirnya, kami selaku petugas pantai harus menyelamatkan korban sampai selamat,” ucapnya.

Sebelumnya juga, tambah ia, pihaknya juga selalu melakukan woro-woro edukasi keselamatan melalui central voice. “Namun, karena terlalu terlena dengan pesona pantai Pangandaran atau antusias melakukan aktivitas wisatanya seperti berenang akhirnya mereka menghiraukan lokasi arus bahaya,” kata Heri. (Edi.S)

Terima kasih telah membaca Mediasakti.id
Dapatkan informasi, inspirasi dan Insight di email kamu.

Artikel sebelumyaTinjau Layanan Vaksinasi Alun-Alun, Walikota, Nakes Tetap Semangat!
Artikel berikutnyaPresiden Joko Widodo Pimpin Upacara Peringatan ke-76 Hari TNI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here