Beranda Priangan Timur Pemkab Ciamis dan Bea Cukai Tasikmalaya Gelar Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

Pemkab Ciamis dan Bea Cukai Tasikmalaya Gelar Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

133
0

Ciamis, Mediasakti.id,-

Minimalisir Peredaran Rokok Ilegal di wilayah Kabupaten Ciamis, Bea Cukai Tasikmalaya dan Pemkab Ciamis lakukan sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal di LPSE Ciamis, Senin, 27/09/2021.

Dalam upaya membangun sinergi penyebarluasan informasi, Kegiatan yang dilaksanakan secara langsung ini diikuti oleh perwakilan media cetak dan elektronik di Wilayah Ciamis dan Tasikmalaya.

Disampaikan Ismail Hakim Pejabat Fungsional Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Bea Cukai Tasikmalaya menerangkan bahwa rokok ilegal adalah rokok yang dalam pembuatan dan peredarannya tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang undangan di bidang cukai.

Menurut Ismail, berdasarkan Undang-Undang nomor 39 Tahun 2007 tentang tentang cukai, dikatakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam undang-undang. Tuturnya.

Dijelaskan lebih lanjut, menurut Ismail terdapat 5 kategori rokok ilegal. Pertama Polos yaitu rokok yang diedarkan, dijual, atau ditawarkan tidak dilekati pita cukai; kedua. Palsu atau dipalsukan yaitu rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai yang bukan asli atau disama-samakan dengan yang asli;

Ketiga, Bekas yaitu rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai yang sudah pernah dipakai sebelumnya pada bungkus yang lain; Keempat. Salah Peruntukkan yaitu rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai yang tidak sesuai dengan volume, kuantitas, berat, tarif, HJE atau jenisnya; dan kelima Salah Personalisasi yaitu rokok yang diedarkan dengan menggunakan pita cukai yang bukan hak nya, tidak sesuai nama perusahaan atau pabrik pembuatnya.

Dipenghujung acara, Ismail berharap semoga dengan sosialisasi ini, peredaran rokok ilegal bisa sampai nihil karena sangat merugikan negara juga masyarakat baik di bidang kesehatan maupun persaingan bisnis.

“Semoga setiap tahunnya kerjasama yang sudah terjalin dengan Pemkab Ciamis dapat terjaga dengan baik dan semakin meningkat, mari kita gempur rokok ilegal “. Pungkasnya.

Redaksi (@03)

Diskominfo Ciamis

 

Artikel sebelumyaKirim Surat ke Jokowi, Kapolri Ingin Tarik 56 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK jadi ASN di Bareskrim 
Artikel berikutnyaKapolres Sumedang Berikan penghargaan kepada Vaksinator Bhayangkarin Sumedang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here