Beranda Jabodetabek Pasar Tradisional Yang Terlindas Dengan Pasar Modern, Hal ini Diperlukan Campur Tangan...

Pasar Tradisional Yang Terlindas Dengan Pasar Modern, Hal ini Diperlukan Campur Tangan Pemerintah, Agar Pasar Tradisional Masih Diminati Oleh Masyarakat

391
0

CILUER KAB BOGOR MediaSakti.id. Pasar Ciluar adalah Pasar Tradisional, yang mana pasar tersebut milik Pemerintah Daerah Kab Bogor dalam hal pengelolaan, Pengelolaan pasar yang baik pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar pasar, dengan tersalurkannya produk-produk lokal, penyerapan sumberdaya setempat, Ciluar, Senin 20 September 2021.

Keberadaan pasar Tradisional yang ada Ciluar diharapkan mampu memberikan manfaat bagi pembeli, pedagang, pengelola pasar dan Pemerintah Daerah. Pada era sekarang ini, salah satunya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pasar adalah adanya peningkatan.

Keberadaan Pasar Tradisional yang ada di Ciluar tepatnya di area yang berbatasan langsung dengan Kota Bogor, tepatnya di Desa Cijujung Kec. Sukaraja Kab Bogor, hal ini dapat dilihat dari data yang di himpun “PR Com” Jumlah Pasar Tradisional dalam lima tahun terakhir ditahun 2013 jumlahnya 24 unit, namun hanya bertambah 3 unit menjadi 27 unit pada tahun 2018. Begitu juga jika dibandingkan dengan Pasar Desa, penambahannya hanya Pasar Desa jauh sekali dibandingkan dengan mini market. Pasar Desa di Kab Bogor tahun 2013 sebanyak 41 unit saat ini jumlahnya sebanyak 44 unit.

Tentunya ini menjadi perhatian khusus buat Pemerintah, agar Pasar Tradisional tetap diminati oleh masyarakat yang ada di Kab Bogor, saat ini dapat dilihat dari jumlah mini market yang ada di wilayah Kabupaten Bogor dalam kurung waktu lima tahun belakangan, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Data yang dikeluarkan  dari Badan Pusat Statistik (BPS)  Kab Bogor dalam lima tahun terjadi penambahan mini market sampai dengan 600 unit. Pada tahun 2013 jumlah mini market sebanyak 490 unit. Sedangkan ditahun 2018 sebanyak 1.090 unit.  Rata rata setiap tahunnya ada penambahan 120 unit. ini, kalau melihat data BPS yang ada di Kab Bogor.

Saat ditemui MediaSakti, Kepala unit Pasar Ciluar Dhona Tri Meilani Tambunan. ST,. Ia mengatakan di usianya yang belum genap satu bulan saat ini, menduduki posisinya menjadi Kepala unit Pasar Ciluar, hal itu tidak mempengaruhi nya dengan lebih banyak nya kompetiter yang ada di Kab Bogor, ia hanya lebih memberikan pelayanan/pandangannya serta semangatnya terhadap pedagang yang ada dilokasi, agar dalam situasi yang sulit seperti saat ini, untuk lebih bersabar, dan tetap utamakan Kesehatan, begitulah jelasnya.

Adapun yang sedang dipersiapkan dalam waktu dekat ini adalah program vaksinasi untuk keseluruhan pedagang yang ada diciluar ini. Hanya saja saya dibantu beberapa pegawai yang ada, sedang melakukan pendataan, agar hasil data tersebut dapat langsung kami kirim ke Provinsi, dan akhir bulan ini sudah harus terkumpul semua data tersebut.

Ia pun menambahkan, selain data terkait vaksinasi yang akan dilakukan oleh Provinsi, saya saat ini sedang fokus dengan pola kebersihan yang ada di Pasar Ciluar, dan ini sedang di tata, baiknya seperti dan bagaimana, tentunya keberadaan kami disini hanya melayani, oleh karena itu kami berupaya tentunya yang terbaik dalam pelayanan kepada pedagang, yang mana tentunya bagian dari masyarakat, begitulah tuturnya.

Tentunya kami dipasar Ciluar ini melihat mana yang kurang, agar dapat diperbaiki, mana yang belum tertata, kiranya agar dapat ditata menjadi baik, namun semua itu tidak lepas dari ketentuan yang sudah ada aturannya, saya juga tidak berani yang diluar ketentuan, begitulah tutupnya Dhona kepada MediaSakti.

Jurnalis Jon Piter

Terima kasih telah membaca MediaSakti.id.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

 

Daftarkan email

Artikel sebelumyaSatlantas Polsek Cicalengka Gelar Operasi Patuh Lodaya-2021
Artikel berikutnyaBupati Bogor Ingin Diresmikannya Rumah Oksigen Agar Dapat Berfungsi Juga Sebagai Pusat Isoter Diwilayah Nanggung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here