Bahaya Botol Susu Plastik Picu Kanker Anak LIFESTYLE

 Ilustrasi/Net

Caption: Ilustrasi/Net

MEDIAPEMBAHARUAN.COM – Beberapa plastik mengandung jenis bahan kimia yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Hanya saja, banyak masyarakat yang tak menyadari bahaya dari plastik tersebut, seperti penyakit kanker.

Salah satu paparan plastik yang sering kali tak disadari oleh masyarakat yaitu botol susu plastik. Terlebih, susu yang disajikan untuk anak tentu dalam kondisi suhu panas yang membuat bahan kimia dalam botol susu plastik tersebut menguap dan menyatu dengan susu.

"Jenis plastik yang bagus yaitu nomor 5. Masyarakat banyak yang nggak paham soal itu dan tidak menyadari jenis plastik botol susunya. Bahkan, botol susu merk luar juga banyak yang tidak pakai jenis plastik nomor 5 itu," ujar Spesialis anak RS Kanker Dharmais, dr. Edi Setiawan, Sp.A(K), MHA, di Jakarta Convention Center, Dikutip dari Viva, Jakarta, Rabu 17 Oktober 2018.

Tak hanya botol susu tersebut, namun juga bahaya bahan kimia bisa hadir dari dot yang ada di botol susu plastik. Dot dalam botol susu plastik yang mengandung lateks, berpotensi bahaya saat terpapar dengan suhu panas.

"Ada dua warna dot yaitu kuning dan putih. Kalau kuning, itu lateks dan nggak bisa panas. Kalau mau pakai, cari yang putih yang terbuat dari silikon agar tahan panas," ungkapnya.

Dokter Edi menegaskan, minimnya tingkat kewaspadaan masyarakat tersebut membuat angka kanker, khususnya pada anak terus meningkat. Untuk itu, ia menyarankan agar tak sering menggunakan plastik, terlebih pada makanan atau minuman bersuhu panas.

"Saya sendiri pun jujur tidak tahu cara menilai kualitas plastik yang tepat pada jenis nomor 5 itu. Makanya, dianjurkan hindari pemakaian wadah plastik di makanan atau minuman panas." (Red)

Artikel Terkait: