HATI-HATI, MINUM ES TEH MANIS SAAT BUKA PUASA BISA BIKIN DIARE! LIFESTYLE

 Es teh manis memang enak diminum saat buka puasa. Tapi, jika tidak hati-hati, Anda bisa terkena diare akibat bakteri yang terkandung di dalamnya. (WikiHow)

Caption: Es teh manis memang enak diminum saat buka puasa. Tapi, jika tidak hati-hati, Anda bisa terkena diare akibat bakteri yang terkandung di dalamnya. (WikiHow)

Es teh manis menjadi salah satu minuman yang kerap dikonsumsi saat berbuka puasa. Rasanya yang manis membuat minuman ini disukai banyak orang untuk melepaskan dahaga saat berpuasa. 

Tapi mengkonsumsi es teh manis saat berbuka puasa ternyata punya efek samping. Jika tidak hati-hati, minum minuman ini saat berbuka puasa bisa menyebabkan Anda terkena diare. Ini karena air yang dipakai untuk membuat teh biasanya mengandung bakteri yang bisa menyebabkan Anda terkena diare. 

Mengutip Boldsky, berdasarkan penelitan yang dilakukan dengan mengumpulkan beberapa sampel air yang terdapat di sungai terbukti bahwa air yang biasanya banyak digunakan untuk membuat teh manis ternyata mengandung bakteri Vibrio cholerae. Bakteri itu adalah penyebab diare. 

Para periset percaya bahwa bakteri tersebut dapat ditemukan di es yang sering dibeli dari pedagang kaki lima sehingga dapat meningkatkan risiko kolera. Oleh karena itu, konsumen diminta cermat saat memilih minuman yang anda konsumsi saat berbuka puasa. 

Jikapun ingin berbuka dengan es teh manis, usahakan air dipakai telah dimasak sesuai standar kesehatan. Apalagi, menjaga kesehatan di bulan Ramadan sangatlah penting. (red)


Artikel Terkait: