TIPS BAWA ANAK BERANGKAT MUDIK DIMALAM HARI LIFESTYLE

 Ilustrasi mudik. Foto dari berbagai sumber.

Caption: Ilustrasi mudik. Foto dari berbagai sumber.

JAKARTA - Setiap anak memiliki waktu nyaman melakukan perjalanan jauh yang berbeda-beda. Ada yang siang hari dan ada yang malam hari. Karena berbagai faktor, perjalanan mudik seringkali 'terpaksa' harus dilakukan di malam hari.

Jika demikian, maka pemudik yang membawa anak-anak harus ekstra memberikan perhatian. Sebab pada umumnya anak lebih nyaman melakukan perjalan di siang hari, sehingga dalam perjalan di malam hari mereka kemungkinan akan menjadi lebih rewel.

"Jika masih siang hari, anak bisa lihat-lihat sepanjang perjalanan. Kalau di malah hari, anak jadi sulit untuk tidur," ujar psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, kepada detikHealth, beberapa waktu lalu. 

Nah, ketika sudah dipastikan saat mudik nanti Anda akan pergi di malam hari maka jangan lupa untuk menyiapkan tirai atau kain yang bisa menutup jendela dekat anak.

"Mengapa? Karena ketika jalan di malam hari kan lampu sorot dari kendaraan yang berlawanan arah terlalu terang dan mengganggu. Anak jadi lebih tidak bisa tidur," tutur wanita yang akrab disapa Nina ini.

Menurutnya, memposisikan tempat duduk anak di tempat duduk paling belakang atau di tengah juga bisa jadi cara lain untuk menghindari sorot lampu kendaraan yang lalu lalang. Pasang tirai antara kursi pengendara dan penumpang atau jika anak duduk di pojok, kenakan tirai untuk kaca jendela yang ada di sampingnya.

Hal lain yang bisa menjadi kendala kenyamanan anak adalah udara di malam hari yang cenderung lebih dingin. Sehingga penggunaan AC mobil yang terlalu dingin juga bisa membuat anak kedinginan dan terganggu. Untuk menyiasatinya, Nina menyarankan untuk memakaikan jaket kepada anak.

"Yang paling penting jika ingin melakukan perjalanan malam, pastikan anak tidak terlalu kecapean dengan aktivitas di pagi atau siang harinya," imbuh Nina. Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini beralasan, ketika anak sudah kelelahan sebelum berpergian, anak cenderung akan menjadi lebih mudah rewel.

Jika memungkinkan, Nina pun tetap menyarankan Anda untuk mudik pada siang hari. "Kalau malam, anak akan jadi makin capek, perjalanan panjang, atau ya itu tadi, lampu kendaraan di malam hari terlalu terang dan ga enak buat anak-anak," ujarnya. Demikian dilansir detik. (Red)

Artikel Terkait: