INI BAHAYA KESEHATAN TAK MAKAN SAAT SAHUR LIFESTYLE

 Waspadalah bagi mereka yang jarang makan sahur. Pasalnya hal ini sangat memengaruhi kesehatan. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

Caption: Waspadalah bagi mereka yang jarang makan sahur. Pasalnya hal ini sangat memengaruhi kesehatan. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

Sahur merupakan waktu yang sangat dianjurkan  saat menjalani ibadah puasa Ramadan. Lalu apa efeknya jika tak makan sahur bagi kesehatan? 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada beberapa remaja yang jarang makan saat sahur, menunda makan bisa mempengaruhi proses metabolisme tubuh.

Tak makan saat sahur juga menyebabkan penundaan ritme gula darah. Hal itu bisa mengurangi konsentrasi Anda saat beraktivitas di siang hari.
 
"Telah ditunjukkan bahwa kurangnya konsentarsi dan penundaan pada sistem tubuh memiliki efek buruk pada kesehatan, termasuk gangguan metabolic," kata Jonathan Johnston, peneliti dari Universitas Surrrey seperti dikutip Thehealtnews. 

Oleh karena itu, sahur menjadi penting untuk menstabilkan metabolisme gula pada tubuh serta terhindar dari beberapa penyakit berbahaya yang  bisa mengancam pada tubuh.

"Ini akan membantu kita merancang rezim makan untuk mengurangi risiko pengembangan masalah kesehatan seperti obesitas dan penyakit kardiovaskular," ujar dia. (red)

Artikel Terkait: