PERLAMBAT PIKUN DENGAN RAJIN BELAJAR LIFESTYLE

 Pikun menjadi salah satu efek dari bertambahnya usia. Namun, menurut para pakar, pikun bisa diperlambat dengan cara terus belajar hal baru. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

Caption: Pikun menjadi salah satu efek dari bertambahnya usia. Namun, menurut para pakar, pikun bisa diperlambat dengan cara terus belajar hal baru. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penuaan. Hal ini terlihat dari munculnya uban, kulit wajah yang mulai keriput dan mengendur hingga pikun. Namun, para pakar mengatakan pikun bisa diperlambat dengan cara terus belajar hal baru.

"Belajar itu memperlambat demensia, pikun. Jangan pernah berhenti belajar, terus belajar hal-hal baru," kata Spesialis Geriatri Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Siti Setiati di Jakarta.

Untuk rajin belajar, Anda tidak harus belajar akademis. Dalam hal ini wanita yang akrab disapa Ati ini menjelaskan untuk memperlambat pikun bisa dilakukan dengan belajar berbagai hal, mulai formal dan informal.

"Misalnya, belajar masak, nari juga bisa, belajar bahasa baru. Nggak harus belajar formal," tegasnya.

Selain belajar, Ati juga menyarankan untuk menjalankan pola hidup sehat, seperti mengatur asupan makan yang seimbang, berolahraga, serta menjaga berat badan yang ideal. "Rutin juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur," pungkasnya.(red) 

Artikel Terkait: