WAJIB BACA!! TERNYATA MENTIMUN BISA BUAT AWET MUDA LIFESTYLE

 ilustrasi

Caption: ilustrasi

Media pembaharuan.com - Meskipun murah dan sederhana, sayuran yang satu ini tak kalah ajaib dari kale. Jika rutin dikonsumsi dan digunakan untuk merawat kulit, ternyata mentimun bisa membuat kulit awet muda lebih lama.

Buah yang kaya akan cairan pelembap ini tak cuma bisa menyamarkan kantung mata dan mendinginkan kulit. Dilansir merdeka.com, timun merupakan sumber air, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin C yang penting untuk menjaga kulit senantiasa kenyal. Penggunaan masker dari parutan timun segar di wajah dan tubuh secara teratur akan membuat kulit senantiasa kencang lebih lama.

Jika dikonsumsi, kandungan air yang tinggi dalam mentimun akan membantu kulit agar tetap terhidrasi dari dalam. Timun juga bisa memperbaiki mendorong pembentukan kolagen, syarat utama untuk kulit kenyal dan awet muda. Selain itu, kandungan air di dalamnya dapat membantu meluruhkan racun dari kulit dan melunturkan lemak.

Berikut ini dua resep perawatan kulit dari luar dan dalam dengan mentimun yang bisa diterapkan secara teratur.

Masker mentimun

Bahan:

1/2 buah mentimun ukuran sedang
2 sendok makan madu organik
Parut mentimun segar. Pastikan kebersihan alat parut dan pisau pemotong terlebih dahulu. Kemudian campurkan dengan madu organik.
Terapkan masker pada wajah yang sudah bersih dari makeup, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu gosok masker yang sudah agak kering dengan gerakan melingkar selama 1 menit. Bilas wajah dengan air dingin, kemudian tepuk-tepuk dengan handuk hingga kering. Jangan lupa pakai toner sesudahnya. Lakukan perawatan dengan masker ini minimal seminggu sekali dan maksimal 3 kali seminggu.

Jus timun

Bahan:

1 buah mentimun ukuran sedang
1 apel merah
2 sendok makan madu organik
2 buah es batu
Cara membuat:

Kupas mentimun, iris ujungnya agar tidak pahit. Potong apel dan buang bijinya.
Proses semua bahan dengan juicer sampai benar-benar lembut. Konsumsi segera selagi masih belum berubah warna.
Selain diolah menjadi jus, timun juga bisa menjadi bahan infused water atau salad segar. Pastikan agar infused water tidak disimpan lebih dari 6 jam dan hindari penggunaan dressing berlebihan pada salad. (Red)

Artikel Terkait: