MEDITASI 10 MENIT BANTU ATASI STRESS LIFESTYLE

 Meditasi. Ilustrasi

Caption: Meditasi. Ilustrasi

Seseorang yang mudah tertekan atau stress biasanya akan mengalami kesulitan untuk fokus. Terlebih, jika orang itu sedang menghadapi sebuah permasalahan. Bagi Anda yang mengalami hal serupa, meditasi bisa menjadi salah satu cara mengatasi stress yang patut Anda coba.

Cara ini telah diuji melalui sebuah penelitian oleh para ilmuwan di Universitas Waterloo, Kanada. Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Consciousness and Cognition menyebutkan meditasi selama 10 menit dapat membantu orang yang rentan stress untuk lebih fokus dan efektif dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Penelitian ini melibatkan 82 mahasiswa yang mengalami kecemasan. Mereka diminta untuk menyelesaikan tugas sambil diinterupsi beberapa kali dengan tujuan menilai kemampuan mereka untuk fokus pada tugas yang harus diselesaikan.

Para peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok secara acak. Kelompok pertama diminta untuk mendengarkan sebuah cerita melalui audio dan kelompok lainnya diminta mengikuti latihan meditasi singkat.

Dari tes tersebut, peneliti melihat terdapat pengurangan beban pikiran dari mereka yang melakukan meditasi sehingga lebih mampu tetap fokus pada tugas yang dihadapi. “Sedangkan kelompok siswa yang tidak meditasi berdampak negatif pada kemampuan mendengarkan dan menyelesaikan tugas,” kata salah seorang tim peneliti Mengran Xu dikutip The Malay Mail Online.

Dari penelitian ini, para peneliti menyimpulkan bahwa meditasi berdampak positif untuk mengalihkan perhatian orang-orang yang cemas dari kekhawatiran mereka sendiri. Bagi Anda yang ingin melakukan cara ini, cobalah dengan memusatkan perhatian pada pernafasan. Tarik nafas dalam-dalam dan kemudian keluarkan nafas panjang secara perlahan.

Lakukan berulang selama 10 menit dan beri jeda setiap kali akan menghirup nafas berikutnya.(red)

Artikel Terkait: