KURANGI KONSUMSI GARAM CEGAH BESER MALAM HARI LIFESTYLE

 Kurangi Konsumsi Garam Cegah Beser Malam Hari. (Ilustrasi).

Caption: Kurangi Konsumsi Garam Cegah Beser Malam Hari. (Ilustrasi).

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa mengurangi konsumsi garam bisa mengatasi beser di malam hari. Penelitian ini dipresentasikan dalam pertemuan European Society of Urology di London.

Dilansir dari Sciencedaily, penelitian ini mengaitkan beser di malam hari dengan asupan garam dalam makanan sehari-hari. Di mana, semakin banyak garam yang dikonsumsi, maka semakin tinggi risiko beser. Hal ini dibuktikan oleh sekelompok ilmuwan dari Nagasaki University, Jepang.

Mereka mengamati 321 responden dengan asupan garam yang tinggi. Di Jepang, asupan garam yang dikonsumsi melalui makanan sehari-hari diketahui cukup tinggi. Selanjutnya, sebagian responden memangkas asupan garamnya dari 10 mg per hari menjadi 8 mg per hari.

Pada kelompok ini, menunjukkan frekuensi buang air kecil berkurang dari 2,3 kali per malam menjadi 1,4 kali per malam. Sementara responden lainnya melakukan hal yang sebaliknya, yaitu meningkatkan asupan garam dari 9,6 mg per hari menjadi 11 mg per hari.

Hasil dari kelompok tersebut pun menunjukkan, frekuensi buang air kecil meningkat dari 2,3 kali per malam menjadi 2,7 kali per malam. Tak hanya di malam hari, berkurangnya frekuensi buang air kecil juga terjadi di siang hari.

Dengan demikian, responden memiliki kualitas tidur yang lebih baik. "Pipis di malam hari adalah masalah yang nyata khususnya pada kelompok usia lanjut," papar pemimpin penelitian tersebut, Dr Matsuo Tomohiro. (red)

Artikel Terkait: