BELANDA MENGAMUK, LUKSEMBURG JADI KORBAN OLAHRAGA

 Wesley Sneijder (kanan) dan Arjen Robben (tengah) merayakan gol Belanda ke gawang Luksemburg pada partai Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa Grup A di Stadion De Kuip, Jumat (9/6/2017).

Caption: Wesley Sneijder (kanan) dan Arjen Robben (tengah) merayakan gol Belanda ke gawang Luksemburg pada partai Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa Grup A di Stadion De Kuip, Jumat (9/6/2017).

Konstelasi klasemen Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa Grup A semakin ketat setelah enam tim menjalani pertandingan pada Jumat (9/6/2017).

Belanda menjadi tim yang paling diuntungkan karena menang 5-0 atas Luksemburg di Stadion De Kuip. Lima gol mereka berasal dari Arjen Robben, Wesley Sneijder, Georginio Wijnaldum, Quincy Promes, dan Vincent Janssen.

 
Robben membuka skor dengan memanfaatkan umpan terobosan Wesley Hoedt, kemudian menempatkan bola di luar jangkauan penjaga gawang pada menit ke-21.

Tiga belas menit berselang, Sneijder menggandakan skor dengan tembakan mendatar ke pojok bawah gawang Ralph Schon.

Dominasi Belanda berlanjut setelah jeda. Lagi-lagi, Schon harus memungut bola pada menit ke-62 akibat tembakan Wijnaldum.

Quincy Promes memeriahkan pesta gol Belanda delapan menit berselang dengan tandukan menyambut pantulan dari Stefan de Vrij.

Baru pada menit ke-84, pesta ditutup dengan lesakan Vincent Janssen dari titik putih. Pemantiknya adalah pelanggaran Schon terhadap Janssen di kotak terlarang.

Kemenangan ini tidak mengubah Belanda dari posisi ketiga dengan koleksi sepuluh angka, tetapi mendongkrak kans untuk menyodok ke atas. Sebab, jarak dengan Prancis dan Swedia di puncak tabel kini cuma tiga angka.

Prancis dipaksa pulang dengan nirpoin karena kekalahan 1-2 markas Swedia pada waktu yang sama.


Les Bleus, julukan Prancis, sebenarnya sempat unggul terlebih dahulu melalui tembakan voli Olivier Giroud pada menit ke-37.

Keunggulan mereka cuma "berumur" enam menit karena Jimmy Durmaz melepaskan tembakan kaki kiri yang membuat Hugo Lloris tidak berdaya.

Blunder Lloris pada akhir laga dimanfaatkan Ola Toivonen untuk memenangkan timnya. Prancis pun pulang dengan tangan hampa.

Berikut ini adalah hasil sejumlah laga Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa Grup A, Jumat (9/6/2017):

Belarusia 2-1 Bulgaria (Mikhail Sivakov 33'-p; Pavel Savitskiy 80' - Georgi Kostadinov)

Belanda 5-0 Luksemburg (Arjen Robben 21'; Wesley Sneijder 34'; Georginio Wijnaldum 62'; Quincy Promes 70'; Vincent Janssen 84'-p)

Swedia 2-1 Prancis (Jimmy Durmaz 43'-; Ola Toivonen - Olivier Giroud 37')

Artikel Terkait: