KALAHKAN JUVENTUS 4-1, REAL MADRID RAIH TROFI KE-12 LIGA CHAMPIONS OLAHRAGA

 Real Madrid juara Liga Champions musim 2016/2017. Foto/Reuters

Caption: Real Madrid juara Liga Champions musim 2016/2017. Foto/Reuters

Real Madrid memastikan diri meraih trofi ke-12 Liga Champions setelah mengalahkan Juventus 4-1 pada laga final di National Stadium of Wales, Cardiff, Sabtu (3/6/20170 malam waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Real Madrid tampil tanpa Gareth Bale yang duduk di bangku cadangan karena masih kurang fit, serta James Rodriguez yang tidak masuk skuat. Sebagai gantinya, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memplot Isco untuk menopang Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo.

Sebaliknya, Juventus tampil dengan kekuatan terbaik mereka.

Juventus langsung mengancam sejak menit-menit awal. Laga baru berjalan empat menit ketika Gonzalo Higuain membuka dua peluang tepat sasaran, masing-masing lewat sundulan dan tembakan keras.

Miralem Pjanic seperti tidak mau kalah dengan melepas tendangan dari luar kotak penalti. Tidak satupun menaklukkan Keylor Navas.


Namun, justru Real Madrid yang mencetak gol lebih dulu. Bintang andalan mereka, Cristiano Ronaldo, yang membuka keunggulan El Real.

Dia meneruskan umpan Dani Carvajal dari sisi kanan kotak penalti Juventus dan menaklukkan Gianluigi Buffon lewat tendangan first time.

Mario Mandzukic ganti membalas pada menit ke-27. Pemain asal Kroasia tersebut mengontrol bola umpan Gonzalo Higuain terlebih dulu dengan dada sebelum melepas tendangan akrobatik tanpa bisa dicegah oleh Keylor Navas.

Ini kedua kali dalam empat tahun Mandzukic mencetak gol di babak final Liga Champions. Pada 2013, dia mencetak gol untuk FC Bayern pada final kontra Borussia Dortmund.

Ronaldo nyaris menambah gol kedua, tetapi tendangan saltonya di area penalti Juve bisa dibendung barisan pertahanan juara Serie A tersebut.

Pertandingan babak pertama berakhir imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, Real Madrid mulai mengambil dominasi permainan. Namun, barisan pertahanan Juventus masih terlalu kokoh untuk ditembus Ronaldo dkk.


Memasuki menit ke-58, Marcelo mengirim umpan ke kotak penalti Juventus, tetapi Ronaldo gagal menyambut dan mengeksekusi umpan tersebut menjadi gol.

Gol yang ditunggu-tunggu Madrid datang pada menit ke-61 lewat Casemiro lewat golnya pada menit ke-61 dari luar kotak penalti. Bola sempat mengenai kaki gelandang Juventus, Sami Khedira, sebelum bersarang telak ke gawang Juventus.

Ronaldo akhirnya mencetak gol keduanya tiga menit setelah gol Casemiro. Bermula dari Luka Modric yang mengirim umpan dari sisi kanan gawang Juventus, Ronaldo meneruskan umpan lagi-lagi lewat tendangan first time-nya.


Juventus semakin tertekan setelah Juan Cuadrado mendapat kartu merah. Pemain yang masuk menggantikan Andrea Barzagli tersebut diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Sergio Ramos.

Gol Marco Asensio pada menit ke-89 seperti menyegel kemenangan Real Madrid lewat golnya setelah menerima operan Marcelo dari sisi kiri gawang. Pemain pengganti tersebut mengoversi umpan itu lewat tembakan ke sisi kanan gawang Buffon.

Sumbangan gol Asensio tersebut memastikan gelar ke-12 Real Madrid sekaligus menjadi tim pertama yang mempertahankan trofi juara Eropa sejak berganti nama menjadi Liga Champions

Juventus 1-4 Real Madrid (Mario Mandzukic, 27'; Cristiano Ronaldo, 20', 64', Casemiro, 61, Marco Asensio, 89')

SUSUNAN PEMAIN

Juventus (3-4-2-1): 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli (7-Juan Cuadrado, 66'), 3-Giorgio Chiellini, 19-Leonardo Bonucci; 12-Alex Sandro, 5-Miralem Pjanic (8-Claudio Marchisio, 70'), 6-Sami Khedira, 23-Dani Alves; 21-Paulo Dybala (18-Mario Lemina, 78'), 17-Mario Mandzukic; 9-Gonzalo Higuain

Pelatih: Massimiliano Allegri

Real Madrid (4-3-1-2): 1-Keylor Navas; 2-Dani Carvajal, 5-Raphael Varane, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo; 14-Casemiro, 8-Toni Kroos (21-Alvaro Morata, 89'), 19-Luka Modric; 22-Isco (20-Marco Asensio, 82'); 9-Karim Benzema (11-Gareth Bale, 77'), 7-Cristiano Ronaldo

Pelatih: Zinedine Zidane

Wasit: Felix Brych

Artikel Terkait: