BARCELONA BUNGKAM VILLARREAL 4-1 OLAHRAGA

 Lionel Messi (kiri) merayakan golnya ke gawang Villarreal bersama Neymar.

Caption: Lionel Messi (kiri) merayakan golnya ke gawang Villarreal bersama Neymar.

BARCELONA - Barcelona menggasak VilLarreal dengan skor 4-1 pada lanjutan La Liga pekan ke-36 yang digelar di Stadion Camp Nou, Sabtu (6/5) WIB. Empat gol Los Cules tercipta melalui Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez. Sedangkan satu gol penghibur The Yellow Submarine dipersembahakan oleh Cedric Bakambu. Kemenangan ini sekaligus memperkokoh Barca di puncak klasemen.

Tak ingin kehilangan momentum untuk menjaga jarak dari rival terdekat Real Madrid, Barcelona turun dengan skuat terbaik. Trisula MSN (Messi, Suarez, Neymar) bermain sejak menit awal. Sedangkan di barisan tengah Sergio Busquets, Ivan Rakitic, dan Andre Iniesta masih menjadi pilihan utama Luis Enrique kala menghadapi Villarreal di Stadion Camp Nou, Sabtu (6/5) malam.

Serangan bergelombang Barcelona dimulai pada menit kedua. Lionel Messi dan kawan-kawan langsung menggeber barisan pertahan The Yellow Submarine. Aksi Neymar pada menit keenam pun cukup membahayakan, namun sayang duet bek tengah Musacchio-Alvaro Gonzales mampu meredam pemain asal Brasil tersebut.

Barca kembali dengan gaya bermain taktis, operan satu-dua Iniesta-Rakitic dan Neymar membuat lini tengah Villarreal terlihat bingung. Meski demikian, tim besutan Fran Escriba tampil disiplin di jantung pertahanan. Skor kacamata masih tertahan hingga menit ke-13.

Villarreal yang mencari kemenangan untuk mempertahankan asa masuk kualifikasi Liga Champions musim depan tak ingin pulang dengan tangan hampa.

Nyaris! Kesalahan full back Barca, Lucas Digne hampir berbuah gol bagi sang lawan. Beruntung umpan silang Gaspar berhasil dihalau Busquets dengan sigap.

Publik Katalan bergemuruh, tepatnya pada menit ke-21, Neymar yang berada tepat di bibir gawang berhasil meneruskan bola berubah arah dari Messi. Skor 1-0 untuk keunggulan Barca.

Seakan mendapatkan momentum, Barca makin rajin menggencarkan serangan. Tetapi sepakan Iniesta masih berhasil diblok, Neymar kembali memanfaatkan peluang tersebut, tetapi kali ini hakim garis lebih dulu mengangkat bendera offside.

Memasuki menit ke-30 Villarreal mencoba mengembangkan permainan mereka, serangan melalui sektor sayap yang dibangun melalui Dos Santos dan Soriano kerap membuat pertahanan Blaugrana grogi.

Usaha tersebut membuahkan hasil pada menit ke-32 Cedric Bakambu lepas dari jebakan offside dan kejaran Pique, dengan mudah ia menaklukan Ter Stegen, skor imbang 1-1.

Selepas gol penyeimbang, Barca tampil lebih ngotot, Messi dan Neymar beberapa kali menadapatkan peluang emas. Benar saja pada pengujung interval pertama, sang mega bintang Messi berhasil membuat gawang Villarreal bergetar untuk kali kedua.

Memasuki babak kedua, Villarreal terus berupaya mencetak gol penyama kedudukan. Sebaliknya, Los Cules pun langsung mendapatkan gol ketiga untuk mengunci kemenangan di laga ini.

Harapan Barcelona dijawab oleh bomber asal Uruguay Luis Suarez pada menit ke-69. Bekerja sama dengan Sergi Roberto, Suarez melakukan satu gerakan tipu sebelum melepaskan tembakan keras kaki kanan. Fernandez berhasil menyentuh bola namun tak kuasa menghalaunya masuk ke dalam gawang.

Tim besutan Luis Enrique menambah pesta gol mereka pada menit ke-82 lewat tendangan penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Messi. Messi melakukan teknik Panenka yang sukses mengecoh Fernandez yang terlanjur bergerak ke arah kanan.

Tambahan tiga angka ini membuat Barcelona untuk sementara mengoleksi 84 poin, unggul tiga angka dari Los Blancos yang baru akan menghadapi Granada pada Ahad (7/5) dini hari WIB

Hingga peluit panjang dibunyikan skor 4-1 untuk keunggulan Barca tetap bertahan, kemenangan ini membuat perolehan poin mereka dengan Real Madrid terpaut menjadi tiga angka. Los Blancos sendiri baru akan bertandingan ke markas Granada beberapa saat lagi. Sementara, Villarreal tertahan di posisi lima klasemen Liga Spanyol.(red)

 

Artikel Terkait: