WEST HAM JEGAL TOTTENHAM TEMPEL CHELSEA OLAHRAGA

 Manuel Lanzini menjadi biang kekalahan sekaligus menggagalkan kans Spurs untuk bisa memangkas selisih poin dengan Chelsea menjadi satu angka.

Caption: Manuel Lanzini menjadi biang kekalahan sekaligus menggagalkan kans Spurs untuk bisa memangkas selisih poin dengan Chelsea menjadi satu angka.

Tottenham Hotspur gagal menipiskan jarak dengan Chelsea di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini setelah kalah 1-0 dalam laga Derby London lawan West Ham United di London Stadium, Sabtu (6/5) dini hari WIB.

Kekalahan ini membuat jarak dengan Chelsea tetap empat poin, dengan catatan rival mereka dalam perburuan gelar juara musim ini baru akan memainkan laga pekan ini melawan Middlesbrough empat hari berselang.

Tampil sebagai tuan rumah, West Ham langsung membuka peluang mereka saat laga baru berjalan enam menit melalui aksi Manuel Lanzini yang berdiri bebas setelah menerima bola dari tengah, namun eksekusi akhirnya melenceng dari sasaran.

Jual beli serangan kian deras berlangsung saat memasuki pertengahan babak pertama. Menit ke-21, kiper West Ham, Adrian dua kali dipaksa melakukan penyelamatan beruntung saat menghadapi tembakan Harry Kane.

Beberapa menit kemudian giliran West Ham balik menebar ancaman, kembali melalui pergerakan Lanzini yang lolos dari jebakan off-side ketika menerima terobosan Mark Noble, tapi kansnya dimentahkan Hugo Lloris. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Babak kedua diawali dengan peluang matang Andre Ayew pada menit ke-52, gelandang asal Ghana itu melewatkan kesempatan untuk menjadi pembuka keunggulan West Ham setelah tembakan kerasnya dari luar kotak penalti melambung tinggi.

Sesaat setelah Adrian kembali melakukan penyelamatan gemilang saat berjumpa eksekusi Son Heung-min, Lanzini sukses memecah kebuntuan tuan rumah pada menit ke-65 dengan memanfaatkan situasi kemelut di muka gawang Spurs.

Tertinggal satu gol membuat mental para penggawa Spurs mulai goyah, dengan salah satunya ditandai dengan blunder Toby Alderweireld pad amenit ke-76 yang hampir berbuah fatal. Beruntung bola yang dicuri Jonathan Calleri di dalam kotak penalti pada akhirnya bisa diamankan Lloris.

Sepuluh menit sisa permainan digunakan Spurs untuk mengurung habis pertahanan West Ham dengan harapan bisa membawa pulang poin. Hanya saja, lini belakang West Ham terutama Adrian tetap bermain apik di bawah mistar hingga peluit panjang dibunyikan wasit.(red)

Artikel Terkait: