TIP MEMBUAT BAKSO DI RUMAH OLAHRAGA

 Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat bakso yang lezat. Chef Dea Annisa pun berbagi tips. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

Caption: Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat bakso yang lezat. Chef Dea Annisa pun berbagi tips. Foto/Ilustrasi/Istimewa.

Bakso menjadi kuliner yang disukai masyarakat Indonesia. Sajian olahan daging sapi ini kerap ditemui, mulai kaki lima hingga restoran. Namun bagi Anda yang ingin membuat bakso agar terjamin kesehatannya, Chef Dea Annisa berbagi tipsnya. 

“Kalau aku sih suka pakai daging. Komposisinya itu 70 persen daging yang tidak berlemak dan 30 persen daging berlemak. Terus, tepungnya aku nggak pakai tepung terigu, tapi pakainya tepung sagu,” kata Chef Dea.

“Biasanya tepung sagu hanya ditambahkan sedikit saja, supaya teksturnya tidak terlalu chewy dan baksonya nanti rasanya tuh benar-benar daging sapi,” terang dia.

Selain itu, Chef Dea memaparkan hal penting yang juga perlu diperhatikan adalah penyimpanan bakso sebelum diolah selama proses memasak hingga menjadi hidangan yang dapat dinikmati.

“Sebelum dimasak harus dilihat kalau disimpan di freezer, berarti harus di thawing dulu. Kalau di-chiller, paling didiamkan di suhu ruang selama lima menit. Terus bakso jangan dimasak terlalu lama karena nanti terlalu lembek jadinya,” pungkas Chef Dea. (red)

Artikel Terkait: