JUVENTUS HABISI BARCELONA 3-0 OLAHRAGA

 Pemain Juventus merayakan kemenangan atas Barcelona pada leg pertama perempatfinal Liga Champions, Selasa. (https://twitter.com/championsleague)

Caption: Pemain Juventus merayakan kemenangan atas Barcelona pada leg pertama perempatfinal Liga Champions, Selasa. (https://twitter.com/championsleague)

TURIN - Klub raksasa Italia, Juventus, menghabisi Barcelona dengan skor 3-0 pada pertandingan leg pertama perempatfinal Liga Champions, di Stadion Juventus, Turin, Selasa waktu Italia atau Rabu dini hari waktu Indonesia.

Bukan Lionel Messi yang menjadi bintang pada laga ini, melainkan Paolo Dybala -- rekan satu timn Messi di Timnas Argentina -- yang menjadi bintang lapangan berkat torehan dua gol untuk Juventus.

Giorgio Chiellini juga tampil cemerlang dengan mengunci pergerakan Neymar dan Messi sekaligus menyumbang satu gol di babak kedua.

Hasil ini membuat langkah Barcelona menuju semifinal cukup berat karena harus menang dengan skor 4-0 pada leg kedua yang digelar pekan depan di Nou Camp.

Statistik UEFA mencatat Barcelona sebenarnya menguasai jalannya pertandingan dengan komposisi penguasaan bola 65 berbanding 35 persen. Kedua klub juga sama-sama melepaskan 14 tembakan, namun Juventus bermain sangat efisien dengan menorehkan tiga gol dari delapan shot on target.

Pada jalannya laga, Barcelona dikejutkan dengan gol yang dicetak Paolo Dybala pada menit ke-7 setelah menerima umpan akurat dari Juan Cuadrado.

Dybala kembali membuat seisi Stadion Juventus bergemuruh setelah menggandakan kedudukan pada menit 22. Bekas penyerang Palermo itu menaklukkan Ter Stegen melalui tendangan first time seusai mendapatkan umpan dari Mandzukic.

Pada babak kedua, Barcelona mengubah taktik dari 4-3-3 menjadi 3-4-3 ditandai dengan masukan gelandang Andre Gomez menggantikan bek Jeremy Matheieu.

Namun bukannya memperkecil ketertinggalan, Lionel Messi cs justru semakin tenggelam setelah Chiellini merobek gawang Barcelona pada menit 55 meneruskan tendangan penjuru Miralem Pjanic.

Barcelona bukan tanpa peluang, Suarez beberapa kali lolos dari penjagaan kemudian masuk ke area penalti Juventus. Namun tidak berhasil mencetak gol. Messi dan Neymar yang bermain lebih ke dalam juga tidak mampu mengeluarkan jurus andalannya yaitu umpan-umpan pendek namun cepat untuk menembus gawang lawan.

Sepuluh menit menjelang laga usai, Juventus mencoba mematikan pertandingan dengan menarik dua pemain bertipe penyerang, Dybala dan Pjanic, untuk digantikan pemain bertahan, Rincon dan Barzagli.

Strategi itu nyatanya berhasil menjaga kedudukan tetap 3-0 untuk kemenangan Juventus hingga akhir laga, demikian UEFA.

Susunan pemain:

Juventus: Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain
Cadangan: Neto, Marchisio, Barzagli, Lemina, Asamoah, Lichtsteiner, Rincon

Barcelona: Ter Stegen; Pique, Umtiti, Mathieu; Mascherano, Rakitic, Iniesta, Messi; Sergi Roberto, Suarez, Neymar
Cadangan: : Cillesse, Denis, Alcacer, Jordi Alba, Digne, Andre Gomes, Alena

Wasit : Marciniak (Polandia)

Artikel Terkait: