MENANG DRAMATIS,TONTOWI/LILIYANA KE SEMIFINAL MALAYSIA TERBUKA OLAHRAGA

 Tontowi/Liliyana harus berjuang ekstra untuk lolos ke semifinal Malaysia Terbuka 2017.

Caption: Tontowi/Liliyana harus berjuang ekstra untuk lolos ke semifinal Malaysia Terbuka 2017.

KUCHING - Pasangan ganda campuran nasional, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menyusul langkah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra) ke babak semifinal turnamen Malaysia Terbuka 2017.

 
Tontowi/Liliyana melaju setelah memenangi pertarungan dramatis berdurasi 81 menit dengan skor 16-21, 23-21, 22-20 atas Choi Solgyu/Chae Yoo Jung (Korea Selatan) di Stadium Perpaduan, Kuching, Jumat (7/4/2017).

Tontowi/Liliyana membuka gim kesatu dengan lamban. Juara bertahan itu tertinggal 0-4 terlebih dahulu sebelum akhirnya menyamakan skor menjadi 4-4.

Choi/Chae yang masih memegang kendali permainan kembali menjauh dari kejaran Tontowi/Liliyana. Saat mencapai fase interval, Choi/Chae unggul 11-6.

Selepas interval, Tontowi/Liliyana sempat membuka asa memenang pertandingan ketika berhasil menyamakan kedudukan menjadi 13-13 dan 15-15.

Namun, Choi/Chae kembali memimpin perolehan skor dengan memenangi tiga poin berikutnya secara beruntun.

Tontowi/Liliyana masih bisa menambah satu poin lagi, tetapi laju Choi/Chae sudah tak bisa dibendung. Mereka memenangi gim kesatu setelah meraih tiga poin beruntun saat kedudukan 18-16.

Tontowi/Liliyana merespons kegagalan mereka pada gim kesatu dengan sangat baik. Memasuki gim kedua, pasangan yang menjadi unggulan kedua ini berhasil memegang kendali permainan.

Mereka berturut-turut unggul 5-3, 8-4, dan 11-8 pada paruh pertama gim kedua. Akan tetapi, inkonsistensi permainan kembali ditunjukkan Tontowi/Liliyana.

Saat sudah memimpin 19-17, Tontowi/Liliyana gagal menuntaskan gim kedua dalam skor normal. Mereka dipaksa melewati adu setting sebelum memenangi gim kedua dan memaksa terjadinya rubber game.

Duel sengit tersaji pada gim ketiga yang menjadi penentuan. Pada perebutan poin-poin awal, kedua pasangan terus terlibat aksi saling kejar poin.

Tontowi/Liliyana lebih dulu lepas dari tekanan setelah berhasil meraih dua poin beruntun dalam kedudukan 6-6. Mereka kemudian mencapai interval dengan keunggulan 11-9.

Tontowi/Liliyana melanjutkan keunggulan mereka hingga 15-10, tetapi Choi/Chae pantang menyerah. Perlahan, wakil Negeri Ginseng itu meraih poin demi poin untuk menyamakan skor menjadi 17-17.

Tontowi/Liliyana langsung merespons dengan memenangi tiga poin berikutnya secara beruntun. Namun, saat sudah mencapai match point, Tontowi/Liliyana justru gagal mengunci kemenangan dalam skor normal.

Seperti pada gim kedua, juara Olimpiade Rio 2016 ini dipaksa melalui adu setting terlebih dulu sebelum akhirnya memenangi pertandingan.

Adapun poin terakhir Tontowi/Liliyana didapat setelah satu smes yang dilepaskan Tontowi ke sisi kanan lapangan lawan gagal dikembalikan oleh Choi.

Indonesia untuk sementara sudah meloloskan dua wakil ke babak semifinal Malaysia Terbuka 2017. Sebelumnya, pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melaju setelah mengalahkan Li Junhui/Liu Yuchen (China).

Artikel Terkait: