Pemprov Babel Fokuskan Pemberdayaan UMKM EKBIS

 Ilustrasi.

Caption: Ilustrasi.

MEDIA PEMBAHARUAN.COM,PANGKALPINANG  - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memfokuskan pemberdayaan pada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), guna mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Pada tahun ini pembinaan, pelatihan dan bantuan modal usaha kepada pelaku UMKM akan lebih ditingkatkan," kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Kepulauan Babel Syahrudin di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia UMKM memiliki peran yang sangat strategis dalam dunia usaha, yaitu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dengan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

"UMKM mampu menciptakan pasar baru di dunia usaha, serta mengembangkan perdagangan dan mampu mengelola sumber daya alam yang ada," ujarnya.

Untuk itu, kata dia pemprov berkomitmen terhadap pembinaan dan pengembangan UMKM melalui pelaksanaan program-program pemberdayaan usaha kerakyatan ini.

"Kami akan terus berupaya untuk mewujudkan UMKM yang mandiri dan berdaya saing di pasar lokal, nasional dan internasional," ujarnya.

Ia mengatakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya diperlukan kerja sama dan dukungan perusahaan swasta, BUMN, perbankan dan pihak terkait lainnya.

"Pemerintah daerah tentunya tidak bisa berdiri sendiri menyelesaikan masalah permodalan, sumber daya manusia dan lainnya yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan usahanya," ujarnya.

Ia berharap perusahaan skala besar untuk ikut membantu dan mendorong usaha UMKM, agar mereka bisa meningkatkan usaha dan kesejahteraan keluarganya.

"Pemerintah hanya bisa mengeluarkan kebijakan yang diimplementasikan dalam berbagai bentuk program dan ini hanya bersifat sebagai stimulan bagi perkembangan UMKM," ujarnya.(ant)

Artikel Terkait: