BI Babel Edarkan Rp17 Miliar Uang Baru EKBIS

 Mata Uang Rupiah yang baru.(Ilustrasi)

Caption: Mata Uang Rupiah yang baru.(Ilustrasi)

MEDIA PEMBAHARUAN.COM,PANGKALPINANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mengedarkan Rp17 miliar uang baru tahun emisi (TE) 2016.

"Sejak diluncurnya uang rupiah TE 2016 pada tanggal 19 Desember tahun lalu hingga Januari 2017, BI Babel sudah mendistribusikan sebesar Rp17 miliar," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Babel, Bayu Martanto di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, pada tahun ini BI akan menambah Rp12,4 miliar uang baru atau sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Pendistribusian kepada masyarakat dilakukan dalam dua cara yakni melalui penukaran di BI dan di bank sentra," ujarnya.

Jumlah uang rupiah TE 2016 yang disediakan disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah dan akan di salurkan kepada bank sentra yang ada di Babel.

Menurutnya, masyarakat Babel sudah cukup familiar terhadap uang baru tersebut namun sosialisasi tetap harus dilakukan sehingga masyarakat benar-benar memahami secara utuh tentang penerbitan, fitur pengaman serta bentuk dan spesifikasi uang NKRI TE 2016.

"BI melakukan pencetakan rupiah sesuai kebutuhan masyarakat dengan mempertimbangkan jumlah yang cukup, jenis pecahan uang yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi layak edar," katanya.

Ia menjelaskan, pencetakan rupiah dilakukan oleh BI dan dilaksanakan di dalam negeri dengan menunjuk BUMN sebagai pelaksana pencetakan.

"Tidak benar bahwa pencetakan uang rupiah TE 2016 dilakukan oleh perusahaan pencetakan selain Perum Peruri, baik di luar negeri maupun di dalam negeri," jelasnya.

Lebih lanjut ia sampaikan, uang rupiah TE 2016 dicetak dan diedarkan untuk menggantikan uang tidak layak edar sehingga tidak menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang baru atau ingin menggantikan uang lusuh bisa datang ke kantor BI langsung,¿ katanya.(ant)

Artikel Terkait: