Dubes AS Pastikan Tidak Ada Pengerahan Militer Besar-besaran ke Palu DAERAH

Amerika Serikat mengerahkan tiga pesawat militer jenis C-130 untuk membantu mendistribusikan bantuan ke area yang terdampak bencana di Sulawesi Tengah. Foto: Sindonews.

Caption: Amerika Serikat mengerahkan tiga pesawat militer jenis C-130 untuk membantu mendistribusikan bantuan ke area yang terdampak bencana di Sulawesi Tengah. Foto: Sindonews.

MEDIAPEMBAHARUAN.COM, PALU – Pemerintah Amerika Serikat mengerahkan tiga pesawat militer jenis C-130 untuk membantu mendistribusikan bantuan ke area yang terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Donovan mengatakan, ada beberapa personel militer AS yang akan dilibatkan untuk menerbangkan pesawat tersebut. Namun, ia memastikan tidak ada pengerahan personel militer secara besar-besaran.

"Pesawat C-130 dan krunya juga militer karena mereka yang bisa menerbangkan. Ada individu dari militer yang akan terus membantu. Tapi yang saya maksudkan bukan pengerahan personel militer secara besar-besaran," kata Donovan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Seperti dikutip Viva, Jumat, 5 Oktober 2018. 

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla telah meminta kepada negara-negara asing yang hendak membantu Indonesia untuk tidak mengirimkan pasukan militer ke lokasi bencana. 

Pemerintah akan membuat pemberian bantuan dari negara asing yang difokuskan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascatanggap darurat. Bantuan itu misalnya berupa pembangunan kawasan permukiman tertentu untuk para warga yang selamat dari bencana.

Menanggapi hal itu, Dubes Donovan mengatakan telah mengunjungi kantor Wapres dan berkomunikasi ketika Indonesia mengajukan permintaan untuk bantuan asing. 

"Perlu ditekankan semua ini menunjukkan apa yang dimaksud Amerika Serikat ketika mengatakan bahwa kami adalah mitra Indonesia," ujar Donovan. (Red)

Artikel Terkait: