Penemuan Gua di Tuban Akan Jadi Destinasi Wisata Unggulan DAERAH

Gua yang baru ditemukan di Tuban/Detikcom.

Caption: Gua yang baru ditemukan di Tuban/Detikcom.

MEDIAPEMBAHARUAN.COM, Tuban - Gua yang baru ditemukan di Tuban berpotensi menjadi lokasi wisata unggulan. Isi di dalam gua yang masih asli adalah magnet terkuat untuk menarik wisatawan. Rencana ke arah itu tengah disusun dan dipelajari.

Dinas Pariwisata (Disparta) Kabupaten Tuban telah melihat langsung lokasi. Disparta sangat berharap gua anyar ini bisa jadi potensi desa wisata. Di dalam goa terdapat stalagtit yang indah sehingga bisa dijadikan destinasi wisata di Tuban.

"Tadi saya sudah masuk di dalam, memang cukup indah dan luar biasa guanya. sekarang lagi marak wisata di desa sehingga ini bisa dikembangkan jadi desa wisata nantinya." ujar Kabid Disparta Tuban Suwanto kepada detikcom di lokasi, Seperti dikutip detikcom, Senin (6/8/2018).

Suwanto juga mengatakan saat ini desa-desa di Tuban juga sedang mencari potensi wisata di daerahnya masing masing. Dengan adanya gua ini, ada satu potensi wisata baru di Tuban, khususnya di Desa Jadi, Kecamatan Semanding.

Sebagai langkah awal nantinya perlu dilakukan penelitian oleh tim ahli, setelah itu bisa dikoordinasikan oleh pemerintah desa setempat. Koordinasi ini perlu karena lokasi berada di tanah tambang batu kapur milik warga.

"Kalau pemdes tentunya bisa jadikan wisata desa, tetapi butuh kehati-hatian karena ini di lokasi tanah penambangan batu milik warga. Bisa saja nanti warga beralih profesi dan tidak lagi menambang batu," tambah Suwanto.

"Kondisi gua memang luar biasa dan banyak staglatit yang masih asli. Dinas Pariwisata Tuban akan support pemdes jika nantinya akan dijadikan wisata desa," tandas Suwanto. (Red)

Artikel Terkait: