PUTING BELIUNG TERJANG PEMUKIMAN WARGA DAERAH

Ilustrasi - Puting Beliung. Foto dari berbagai sumber.

Caption: Ilustrasi - Puting Beliung. Foto dari berbagai sumber.

SUKABUMI - Sejumlah rumah di Desa Ciheulang Tonggoh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat rusak akibat diterjang bencana angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (9/11) sore.

"Tidak ada korban jiwa pada bencana ini tetapi tiga rumah di Kampung Ciheulang Hilir, Kecamatan Cibadak rusak pada bagian atapnya," kata Bhabinkamtibmas Desa Ciheulangtonggoh Brigadir Ganjar di Sukabumi, Kamis.

Dari pantauan di lokasi, rumah yang rusak tersebut ada juga yang tertimpa pohon besar yang tumbang. Mayoritas rumah yang rusak itu pada bagian atapnya dan juga di bagian dapurnya.

Tidak hanya pemukiman warga yang menjadi korban, satu unit mobil pick up pun rusak tertimpa pohon duren yang tumbang. Hingga saat ini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), unsur Muspika Cibadak dan warga masih bergotong royong membersihkan puing bangunan dan dahan pohon yang tumbang.

"Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, kami pun hingga saat ini masih bersiaga khawatir terjadi bencana susulan apalagi hujan masih turun walaupun intensitasnya berkurang," tambah Ganjar.

Sementara, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiawan mengatakan akibat hujan deras mengakibatkan terjadi sejumlah bencana seperti longsor, banjir, puting beliung dan pergerakan tanah.

Bencana itu terjadi di wilayah selatan dan utara Kabupaten Sukabumi. Untuk jumlah bangunan yang terdampak masih dalam pendataan dan petugas serat relawan BPBD masih berada di lokasi untuk memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban.

"Cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini harus diantisipasi dan warga pun diimbau selalu waspada karena potensi terjadinya bencana cukup tinggi saat musim hujan ini," katanya. ant

Artikel Terkait: