JEMBATAN TERPANJANG DIDUNIA INI SEHARGA 218 TRILIUN INTERNASIONAL

Memiliki panjang 54,7 kilometer atau sekitar 34 mil, jembatan di China ini dibangun dengan anggaran sekitar 12 miliar poundsterling atau sekitar Rp 218,5 triliun. Jembatan ini menghubungkan tiga kota penting sesuai namanya. Foto/kompas.

Caption: Memiliki panjang 54,7 kilometer atau sekitar 34 mil, jembatan di China ini dibangun dengan anggaran sekitar 12 miliar poundsterling atau sekitar Rp 218,5 triliun. Jembatan ini menghubungkan tiga kota penting sesuai namanya. Foto/kompas.

CHINA - Jika ada negara yang tahu cara membangun jembatan laut terpanjang serta memasang kembang api di sekitarnya, maka China adalah jawabannya.

Dikutip dari kompas.com, pada hari terakhir 2017, negara tersebut menyelesaikan pekerjaan jembatan terpanjang di dunia.

Dinamakan Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge, penyelesaian konstruksi itu ditandai dengan pertunjukan kembang api yang spektakuler.

Memiliki panjang 54,7 kilometer atau sekitar 34 mil, jembatan itu dibangun dengan anggaran sekitar 12 miliar poundsterling atau sekitar Rp 218,5 triliun. Jembatan ini menghubungkan tiga kota penting sesuai namanya.

Sekalipun sudah rampung, namun jembatan itu masih menunggu pemeriksaan kualitas tahap akhir sebelum dibuka secara resmi untuk masyarakat.

Pemerintah China diketahui butuh waktu sekitar 14 tahun untuk merencanakan serta membangun struktur jembatan yang sangat besar itu.

Menteri Transportasi dan Perumahan Hong Kong, Frank Chan mengatakan, lantaran dibangun oleh tiga pemerintahan berbeda, maka pembukaan baru dapat dilakukan bila seluruh pihak sudah siap.

Namun, untuk kepastian waktu pembukaan jembatan itu, jelas Chan, masih menunggu keputusan pemerintah pusat China.

Sementara itu, bagian utama jembatan tersebut telah rampung pada Juli tahun lalu. Bagian itu juga mencakup terowongan yang membentang di bawah muara Pearl River di antara ketiga kota itu.

Terowongan ini diketahui memiliki panjang 6,7 kilometer dan berada 40 meter di bawah permukaan laut. Keberadaannya sekaligus menasbihkan sebagai terowongan bawah laut terpanjang di dunia.

Pekerjanya butuh sekitar 420.000 ton baja untuk menggarap proyek ini. Bila diestimasikan, jumlahnya setara dengan membangun 60 Menara Eiffel.

Keberadaan jembatan ini diyakini akan signifikan memangkas waktu tempuh dari Hong Kong ke Zhuhai, yakni dari tiga jam menjadi 30 menit. (Red)

Artikel Terkait: