MESIR AWASI KESEPAKATAN HAMAS DAN PALESTINA INTERNASIONAL

Ilustrasi - Pasukan HAMAS di Gaza. Foto dari berbagai sumber.

Caption: Ilustrasi - Pasukan HAMAS di Gaza. Foto dari berbagai sumber.

GAZA - Satu delegasi pejabat keamanan senior Mesir tiba di Jalur Gaza pada Senin (27/11) guna mengawasi pelaksanaan kesepakatan rekonsiliasi internal Palestina, yang dicapai di Ibu Kota Mesir, Kairo, pada 12 Oktober.

Zeyad Abu Amro, Wakil Perdana Menteri pemerintah konsensus Palestina, menerima delegasi Mesir tersebut, yang telah tiba pada Senin pagi melalui pos penyeberangan Erez di perbatasan antara Israel dan bagian utara Jalur Gaza.

Delegasi itu meliputi Utusan Mesir untuk Otoritas Nasional Palestina (Palestinian National Authority/PNA) Khaled Sami dan pejabat Dinas Intelijen Hammam Abu Zeid.

Di dalam siaran pers yang dikirim melalui surel, Amro mengatakan delegasi Mesir itu diberi penjelasan mengenai perkembangan terkini dalam rekonsiliasi internal dan penyerahan kekuasaan kepada Pemerintah Palestina.

Kunjungan delegasi Mesir tersebut bertujuan menjembatani jurang pemisah antara Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS) dengan Faksi Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas selama proses penyerahan kekuasaan.

Delegasi Mesir itu pada Senin malam juga mengadakan pembicaraan dengan pemimpin HAMAS Yehya Sinwar di kantornya di Jalur Gaza. ant

Artikel Terkait: