MENYEMPURNAKAN KEKUATAN, KORUT SIAP JADI NEGARA NUKLIR INTERNASIONAL

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. Foto dari berbagai sumber.

Caption: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. Foto dari berbagai sumber.

SEOUL - Korea Utara mengatakan pada Rabu (29/11) bahwa negara tersebut sudah mencapai targetnya menjadi negara nuklir setelah sukses menguji coba rudal balistik antar benua baru yang dapat menjangkau “seluruh daratan Amerika Serikat.”

Setelah menyaksikan peluncuran Hwasong-15, pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, “dengan bangga menyatakan bahwa kami akhirnya mewujudkan peristiwa sangat bersejarah dengan menyempurnakan kekuatan nuklir negara ini,” demikian dilansir kantor berita pemerintah KCNA. 

Uji coba itu memicu kecaman dunia, dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis mengatakan hal tersebut menandai langkah signifikan menuju perkembangan nuklir Korea Utara yang “pada dasarnya dapat mengancam setiap tempat di dunia.”

Peluncuran rudal tersebut merupakan yang pertama sejak 15 September dan mematahkan spekulasi bahwa Korea Utara menangguhkan uji coba nuklir untuk memungkinkan negosiasi.

“Sistem persenjataan jenis ICBM Hwasong-15 adalah roket balistik antarbenua yang dilengkapi dengan hulu ledak super besar yang mampu menyerang seluruh daratan AS,” kata KCNA.

KCNA melaporkan pengembangan senjata itu akan mempertahankan Korea Utara dari kebijakan pemerasan nuklir dan ancaman nuklir negara imperialis AS". ant

Artikel Terkait: