KORUT PINDAH DAN KEMBANGKAN RUDAL KE PYONGYANG INTERNASIONAL

 Ilustrasi.

Caption: Ilustrasi.

KORSEL - Media Korea Selatan, Korean Broadcasting System (KBS) mengutip sumber intelijen anonim memuat bahwa Korea Utara telah terdeteksi memindahkan sejumlah rudal keluar dari fasilitas penelitian di Pyongyang.

DImuat ulang Press TV, otoritas intelijen Korea Selatan dan AS melihat rudal dipindahkan dari Sarana Penelitian dan Pengembangan Rudal di Pyongyang. Fasilitas tersebut, yang terletak di lingkungan utara Pyongyang, Sanum-dong, telah dibuat untuk produksi rudal balistik antar benua (ICBMs).

Namun, laporan tersebut tidak menyebutkan waktu dan target lokasi dugaan transfer tersebut, dengan berspekulasi bahwa rudal tersebut bisa berupa rentang menengah Hwasong-12 atau Hwasong-14.

Selain itu seperti dikutip dari Rmol, bahwa seorang sumber dari Kementerian Pertahanan Korea Selatan yang mengatakan bahwa dia tidak dapat mengkonfirmasi rincian laporan tersebut, dan apakah bahkan ada kegiatan yang tidak biasa di wilayah yang ditentukan.

Pihak berwenang di Seoul telah melontarkan peringatan soal kemungkinan Pyongyang dapat melakukan tindakan provokatif yang menandai ulang tahun berdirinya partai komunis di negara itu pada 10 Oktober, atau mungkin saat China mengadakan Kongres Partai Komunis pada 18 Oktober mendatang. (Red)

Artikel Terkait: