PERANCIS PERINGKAT PERTAMA DIDUNIA SEBAGAI "SOFT POWER" INTERNASIONAL

Presiden Perancis Emmanuel Macron. Foto/Metrotvnews.

Caption: Presiden Perancis Emmanuel Macron. Foto/Metrotvnews.

PERANCIS - Perancis telah melampaui AS dan Inggris sebagai soft power terbesar di dunia.

Hal itu muncul dalam sebuah survei tahunan yang meneliti seberapa besar pengaruh global non-militer yang dimiliki masing-masing negara. 

Indeks yang disebut Soft Power 30, menggabungkan polling di 25 negara dan data digital obyektif untuk mengukur dampak suatu negara.

Dilansir dari Rmol, Sebagai informasi, Soft power adalah sebuah istilah yang pertama kali diciptakan oleh akademisi Joseph Nye. Istilah itu merujuk pada kemampuan untuk memanfaatkan aliansi internasional dan membentuk preferensi orang lain melalui daya tarik negara.

Dalam survei yang sama, Inggris memimpin daftar dua tahun lalu dan AS memimpin tahun lalu. 

Namun, terpilihnya Donald Trump dalam pemilu Presiden AS tahun lalu, Brexit serta pemilihan Emmanuel Macron di Perancis telah mengubah persepsi global.

Perancis sendiri tahun ini naik di peringkat pertama dari sebelumnya di peringkat kelima dalam daftar yang sama. Hal itu juga dipengaruhi oleh pengaruh Macron sentris dan juga jaringan diplomatik Prancis yang luas, yang tak tertandingi dalam hal keanggotaan lembaga multilateral dan internasional.

Dalam daftar terbaru itu disebutkan bahwa lima negara dengan soft power di dunia adalah Prancis, Inggris, AS, Jerman dan Kanada. (Red)

Artikel Terkait: