BUAT MEME HINA SETNOV, PEMILIK AKUN DITANGKAP NASIONAL

Kuasa hukum Ketua DPR Setya Novanto Frederic Yunadi (kanan) dan timnya menunjukkan sejumlah meme. Foto/replubika.

Caption: Kuasa hukum Ketua DPR Setya Novanto Frederic Yunadi (kanan) dan timnya menunjukkan sejumlah meme. Foto/replubika.

JAKARTA - Penyidik Bareskrim Polri sedang menyelidiki berbagai akun media sosial yang dilaporkan oleh Ketua DPR Setya Novanto karena diduga melakukan penghinaan.

"Kalau yang lain ada bukti, kami telusuri, kami tindaklanjuti," kata Kepala Subdit II Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Asep Safrudin saat dihubungi, Sabtu.

Menurut dia, dari 32 akun yang dilaporkan ke polisi, ada 9 akun yang diduga telah melakukan penghinaan.

"Dari 32 (akun yang dilaporkan) yang terdeteksi (unsur penghinaan) ada sembilan akun," kata dia seperti dikutip merdeka, Sabtu (4/11).

Dia menambahkan bahwa seluruh akun tersebut masih dalam tahap pemeriksaan barang bukti.

Dalam kasus ini, polisi telah menangkap pelaku pencemaran nama baik dan penghinaan terhadap Setya Novanto melalui medsos Instagram yakni Dyann Kemala Arrizzqi (29).

Tersangka memiliki akun Instagram @dazzlingdyann. Melalui akunnya, pada 7 Oktober 2017, tersangka mengutip postingan akun medsos lain yang berisi penghinaan terhadap Setya dan mempostingnya kembali di akun tersangka.

Asep menegaskan bahwa cepatnya pengusutan kasus ini tidak terkait dengan pelapor yang merupakan pejabat legislatif.

"Tidak ada hubungannya dengan politisi. Kami bekerja bukan mengincar politik. Karena ada laporan, kami lakukan lidik. Pada terlapor ada dua alat bukti cukup, ya kita lakukan upaya paksa (penangkapan)," katanya. (Red)

Artikel Terkait: