KOMUNITAS SERBUK KAYU, KOMUNITAS KREATIF ANAK BANGSA KOMUNITAS

 Komunitas Serbuk Kayu merupakan kumpulan seniman kreatif anak bangsa. Hipwee.com

Caption: Komunitas Serbuk Kayu merupakan kumpulan seniman kreatif anak bangsa. Hipwee.com

MEDIAPEMBAHARUAN.COM, KOMUNITAS - Unik, itu yang terlintas pertama kali mendengar nama komunitas ini. Komunitas Serbuk Kayu Surabaya merupakan salah satu komunitas seni di Indonesia. Beberapa pameran tunggal di galeri terkenal Surabaya sudah mereka selenggarakan. Pemerhati dan pecinta seni pun telah memberikan apresiasi luar biasa atas karya-karya mereka.
 
Komunitas ini awalnya merupakan salah satu komunitas di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya. Perlahan tapi pasti, Serbuk Kayu keluar dari istilah “komunitas kampus” menjadi komunitas seni di Surabaya. Kalau pameran seni umumnya menampilkan lukisan, seni instalasi, dan seni rupa murni lain, eberapa waktu lalu mereka justru menampilkan karya seni yang dibuat melalui teknik grafis murni. Kamu arek Suroboyo? gabung aja!

Kalau di Jawa Barat, ada Jatiwangi Art Factory (JaF). Merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada kajian kehidupan lokal pedesaan lewat kegiatan seni dan budaya. Contohnya festival, pertunjukan, seni rupa, musik, video, keramik, pameran, diskusi bulanan, dan sebagainya. JaF berdiri sejak 2005 silam. Sejak 2008, JaF bekerjasama dengan Pemerintah Desa Jatisura melakukan riset dan penelitian dengan menggunakan keterlibatan kesenian kontemporer yang kolaboratif. Berminat? Silahkan bergabung!

Jadi, umurmu berapa sekarang? Sebelum punya banyak tanggung jawab di depan, nggak ada salahnya kan meluangkan waktu sekarang untuk berkomunitas. Apa passionmu? Bergabunglah dengan yang kamu suka. Jangan jauh-jauh, di kotamu pasti ada chapter-nya

Artikel Terkait: