LPPOM MUI Babel Didik 90 UMKM Menjadi Calon Auditor Halal Internal BABEL

Pelatihan Auditor Halal Internal LPPOM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bertempat di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada hari Senin, 09 April 2019.

Caption: Pelatihan Auditor Halal Internal LPPOM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bertempat di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada hari Senin, 09 April 2019.

Diharapkan mampu mengemplementasikan serta menyebarkan nilai-nilai sitem jaminan halal di wilayah Babel

Pangkalpinang, Mediapembaharuan.com. Seiring dengan semakin bertambahnya minat UMKM di Bangka Belitung mengajukan permohonan sertifikasi halal produknya, maka diadakanlah Pelatihan Auditor Halal Internal LPPOM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bertempat di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada hari Senin, 09 April 2019.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Babel, Direktur LPPOM MUI Pusat, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia,  Ketua Umum MUI Babel, Sekretaris Umum MUI Babel, Direktur LPPOM MUI Babel, dan 90 UMKM yang produknya telah bersertifikat halal dari LPPOM MUI Babel.

Direktur LPPOM MUI Prov Babel Nardi Pratomo dalam wawancara singkat mengatakan, peserta UMKM dari karyawan yang ditunjuk oleh UMKM itu sendiri nantinya akan menjadi Auditor Halal Internal melalui Pelatihan Auditor Halal Internal yang disenggarakan oleh LPPOM MUI Babel ini. 

Sebelum masuk pada materi utama, calon Auditor Halal Internal diberi waktu untuk mengerjakan Pre Test terlebih dahulu, untuk mengetahui sejauh mana wawasan mereka mengenai LPPOM dan titik kritis bahan. 

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan dari Direktur LPPOM MUI Babel mengenai prospek sertifikat halal, serta dilanjut dengan Wakil Direktur LPPOM MUI Babel Denny Syaputra, dan Sekretaris LPPOM MUI Babel Muhammah Ihsan secara bergantian menerangkan mengenai sistem jaminan halal yang mempunyai 11 kriteria.

Akhir dari acara ini ditutup dengan Post Test yang memberikan hasil menggembirakan dengan peningkatan nilai di setiap peserta.

"Mereka nanti bertugas melaporkan kegiatan UMKM yang berkaitan dengan sistem jaminan halal ke LPPOM MUI serta sebagai penghubung antara UMKM dengan LPPOM MUI Babel sehingga memiliki kemampuan memahami 11 kriteria sistem jaminan halal yakni kebijakan halal, tim manajemen halal, pelatihan dan edukasi, bahan, produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis aktivitas kritis, kemampuan telusur, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria, auditor internal, serta kaji ulang manajemen,'' jelas Nardi Pratomo. 

Nardi Pratomo berharap dengan semakin bertambah banyaknya calon Auditor Halal Internal yang mengikuti pelatihan ini serta memahami sistem jaminan halal maka pada akhirnya mereka diharapkan mampu mengemplementasikan serta menyebarkan nilai-nilai sitem jaminan halal di wilayah Babel.

Pelatihan ini sebelumnya sudah dilakukan di tahun 2018 dan berlanjut pada tahun 2019 serta akan berlanjut tiap tahunnya dengan mengandeng lembaga-lembaga yang konsen di bidang halal, salah satu contoh saat ini  yakni dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis: Aqwam Aris, S.H

Artikel Terkait: