Pengawas TPS Ujung Tombak Pengawasan Pemilu BABEL

 Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jafri saat memberikan sambutan usai pelantikan Pengawas TPS se-Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Senin (25/03) di Hotel Bumi Asih, Pangkalpinang. (Foto:Ist)

Caption: Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jafri saat memberikan sambutan usai pelantikan Pengawas TPS se-Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Senin (25/03) di Hotel Bumi Asih, Pangkalpinang. (Foto:Ist)

Untuk Wujudkan Pemilu yang Adil dan Berintegritas 

Pangkalpinang, Mediapembaharuan.com. Panita Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang pada Senin (25/03) pagi melantik sebanyak 60 Pengawas TPS (Tempat Pemungutan Suara) se-Kecamatan Taman Sari, bertempat di Hotel Bumi Asih, Pangkalpinang. 

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jafri saat memberikan sambutan usai pelantikan mengatakan, Pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu dalam mengawal demokrasi Indonesia pada saat pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara. 

Terlebih lagi menurutnya, tugas Pengawas Pemilu cukup berat dalam mengawal pesta demokrasi yang akan berlangsung serempak untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 mendatang. 

Kehadiran Pengawas TPS sangat diharapkan untuk mengawal pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara tersebut agar dapat terwujud Pemilu yang adil dan berintegritas sesuai dengan amanat Undang-undang Pemilu. 

Di hadapan para Pengawas TPS, Jafri berpesan agar mereka dapat menjalankan tugas dan wewenangnya dengan sebaik mungkin sesuai dengan aturan yang berlaku agar dapat menghindari terjadinya pemungutan suara ulang. 

''Pahami regulasi untuk mencegah pemungutan suara ulang. Karena kalau itu sampai terjadi, kita takutkan hasil dalam Pilpres akan digugat ke Mahkamah Konstitusi,'' ungkapnya. 

Untuk itu ia meminta kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu hingga ke jenjang paling bawah termasuk Pengawas TPS untuk dapat menjaga kepercayaan publik yang sangat luar biasa terhadap Bawaslu. ''Selamat bertugas. Siapkan kondisi kesehatan, pahami tugas, fungsi dan wewenang," imbuhnya. 

Tampak hadir dalam Pelantikan Pengawas TPS se-Kecamatan Taman Sari, Pangkalpinang, diantaranya Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang Ida Kumala, Camat Taman Sari, Lurah Batin Tikal, dan seluruh Lurah se-Kecamatan Taman Sari yang diwakili oleh Sekretaris Lurah. [Hun] 

Artikel Terkait: