Firmansyah : Bupati Tidak Bisa Bertindak Arogan Nonjobkan ASN dari Jabatannya BABEL

Pemerhati Pemerintah Basel, Firmansyah. (Foto: Ist)

Caption: Pemerhati Pemerintah Basel, Firmansyah. (Foto: Ist)

Toboali, Mediapembaharuan.com--ASN sebagai ujung tombak jalannya roda pemerintahan di suatu daerah sudah semestinya mendapatkan perlakuan yang manusiawi. Kepala daerah tidak akan bisa melaksanakan visi-misinya tanpa dukungan birokrat yang handal.

Oleh karena itu, dalam mengelola SDM haruslah dilakukan dengan perekrutan dan penataan yang baik. 

Demikian yang disampaikan oleh Pemerhati Pemerintah Bangka Selatan (Basel) Firmansyah kepada Mediapembaharuan.com, Rabu (13/03).

Firmansyah juga menegaskan bahwa tidak boleh jabatan politik membuat suatu kebijakan yang semena-mena, baik itu mengangkat maupun memberhentikan ASN dari jabatan.

"Karena jelas mereka juga dilindungi oleh UU yang khusus mengatur masalah ASN yaitu UU No 5 tahun 2014. Terjadinya pencopotan jabatan yang terjadi di Bangka Selatan baru-baru ini menunjukkan buruknya pengelolaan dan penataan SDM oleh kepala daerah," tegasnya. 

"Tindakkan yang terkesan semena-mena terhadap ASN harus segera dihentikan. Kita sangat menyanyangkan tindakkan Bupati Bangka Selatan yang terkesan arogan. Seakan-akan jabatan kepala daerah adalah segala-galanya0," imbuhnya. 

Pria yang sering disapa Arman juga menjelaskan bahwa pencopotan dua kepala dinas sekaligus tanpa alasan yang jelas tanpa rotasi tanpa promosi telah membuat ASN dihantui rasa ketakutan untuk berbuat. 

"Jangan berharap ASN diluar daerah Basel akan mau mengabdi dan pindah ke Basel. Bahkan dikhawatirkan akan terjadi sebaliknya. banyak yang akan angkat kaki dari daerah ini," ujarnya. 

Tentu hal ini lanjutnya, akan berdampak terhadap kemunduran pembangunan di daerah. Tanpa ASN menurutnya Kepala Daerah bukan apa-apanya. 

"Kami sebagai pemerhati yang peduli terhadap pemerintah daerah berharap pihak legislatif mempergunakan hak-haknya terhadap masalah ini. Karena dampaknya bukan saja bagi ASN tapi juga berimbas langsung kepada masyarakat dan kemajuan daerah," ungkapnya. 

"Kedepannya kita berharap wakil rakyat memberikan porsi seimbang untuk dapat membela dan menjaga hak hak ASN sebagai pelayan masyarakat yg diwakilinya," pungkasnya. 

Penulis: Sudja 

Artikel Terkait: