Tempa Loyalitas Calon Anggota, KOPASSAS Gelar Diksar Angkatan XI BABEL

Peserta Diksar Angkatan XI KOPASSAS. (Foto: Ryannico)

Caption: Peserta Diksar Angkatan XI KOPASSAS. (Foto: Ryannico)

Bangka, Mediapembaharuan.com--Sebagai upaya meregenerasi keanggotaan, Unit Kegiatan Khusus (UKK) Komunitas Pencinta Alam Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik (KOPASSAS) IAIN SAS Bangka Belitung menggelar Pendidikan Dasar (Diksar) Lapangan Angkatan XI selama sepekan mulai tanggal 25 - 31 Januari 2019.

Kegiatan ini bertemakan "Menciptakan Persaudaraan, Kebersamaan dan Kekeluargaan serta Menumbuhkan Loyalitas dalam Berorganisasi". 

Sebanyak 39 mahasiswa IAIN SAS Babel dari berbagai jurusan mengikuti kegiatan ini. 

Diksar lapangan ini bertujuan untuk mengaplikasikan teori yang didapatkan pada materi Diksar ruangan.

"Tujuannya jelas untuk menerapkan teori yang telah di dapat. Selain itu juga untuk menambah wawasan, menempa sikap disiplin yang tinggi serta melatih fisik maupun mental dalam kondisi apapun. Yang terakhir tentunya mampu menerapkan dasar-dasar kepencinta alaman," ujar Koordinator Lapangan M. Badarudin menjelaskan. 

Adapun materi yang diberikan kepada peserta selama sepekan antara lain: Filosofi Pencinta Alam, Manajemen Perjalanan, Praktik Pembuatan Bivak, Praktik Jerat, Cara Pembuatan Api, Survival, Navigasi Darat, PPGD, SAR dan Vertikal Rescue yang pelaksanaannya di 5 bukit berbeda, yakni Pauh, Panter, Tengkorak, Merbaung, dan Barisan. 

Ketua Umum KOPASSAS Devi Oktavianti berharap, peserta yang dinyatakan lolos agar bisa menerapkan semangat selama Diksar dalam kesehariannya.

"Harapan saya anggota muda bisa menjadi anggota yang loyal dalam berorganisasi dan selalu memberikan kontribusi terbaik terhadap organisasi. Tak lupa pula selalu menjunjung tinggi rasa persaudaraan, kebersamaan, kekeluargaan serta cinta terhadap lingkungan," ujar gadis asal Pongok ini.

Penulis: Ryannico 

Artikel Terkait: